Berikut Beberapa Manfaat Mengonsumsi Kacang Gude Atau Kacang Bali

Berikut Beberapa Manfaat Mengonsumsi Kacang Gude Atau Kacang Bali
Ilustrasi (Merdeka.com : Google)
Editor: Epenz Teras Health —Sabtu, 8 April 2023 14:07 WIB

Terasjabar.id -- Indonesia terkenal memiliki banyak varietas jenis kacang-kacangan yang dibudidayakan baik secara tradisional maupun secara modern. Beberapa jenis kacang-kacangan seperti kacang mete, kacang tanah, kacang hijau dan kacang merah tentunya merupakan beberapa jenis kacang-kacangan yang lumrah ditemukan dan dibudidayakan di Indonesia. Beberapa kuliner tradisional juga menggunakan beberapa jenis kacang sebagai bahan baku pengolahannya.

Selain beberapa jenis kacang tersebut, ternyata ada beberapa jenis kacang lainnya yang juga dibudidayakan di Indonesia. Salah satunya adalah kacang gude atau yang di beberapa tempat dikenal dengan nama kacang Bali. Kacang yang memiliki nama latin Cajanus cajan tersebut dinamakan kacang Bali karena memang banyak dibudidayakan di Provinsi Bali. Kacang yang masih satu jenis dengan kacang polong ini dikenal memiliki beragam manfaat untuk kesehatan. Berikut 3 manfaat mengonsumsi kacang gude atau kacang Bali.

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Kacang Gude Setelah Dikeringkan (pexels/rodolfo zodner)
Kacang Gude Setelah Dikeringkan (pexels/rodolfo zodner)

Salah satu manfaat unggulan dari mengonsumsi kacang gude adalah diyakini dapat menjaga kesehatan jantung. Melansir dari data yang dirilis oleh USDA Food Data Central, kacang gude atau yang juga dikenal dengan nama kacang Bali memiliki kandunga Potasium sebesar 500 mg pada setiap 100 gramnya.

Kandungan potasiumnya tersebut dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan juga dapat menurunkan kadar kolestrol. Selain itu, kacang gude juga dikenal memiliki beberapa kandungan mineral lainnya seperti magnesium, mangaan, kalsium dan zat besi yang tentunya baik untuk metabolisme tubuh apabila dikonsumsi secara terukur dan teratur.

2. Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh dan Sumber Pangan Murah

Ilustrasi Kacang Gude yang Matang di Pohon (wikipedia/jim stransson)
Ilustrasi Kacang Gude yang Matang di Pohon (wikipedia/jim stransson)

Kacang gude juga dikenal sebagai salah satu jenis kacang-kacangan yang tinggi protein dan serat. Melansir dari situs Lembaga Pangan Provinsi Bali, kacang gude dalam setiap 100 gram-nya mengandung sekitar 20.70 gram protein dan 62.00 gram karbohidrat.

Selain itu, kandungan seperti seng, fosfor, vitamin B1 dan Vitamin C yang terdapat dalam kacang gude juga dapat menjaga sistem kekebalan tubuh. Kacang gude juga dikenal sebagai salah satu sumber pangan alternatif yang baik dalam pemenuhan gizi anak-anak karena nilai kandungan gizinya yang cocok sebagai alternatif makanan yang murah.

3. Memperlancar Sistem Pencernaan

Ilustrasi Kacang Gude setelah Digoreng (unplash/dimitri photography)
Ilustrasi Kacang Gude setelah Digoreng (unplash/dimitri photography)

Kacang gude atau kacang Bali juga dikenal sebagai sumber pangan yang kaya akan serat yang tinggi. Kandungan serat yang terkandung dalam kacang gude yang telah dikeringkan atau diolah secara benar tersebut dapat membantu melancarkan proses pencernaan dan mempermudah kinerja usus. Selain itu, kandungan serat tinggi yang terdapat dalam kacang tersebut juga mampu mengurangi resiko peradangan saluran pencernaan.

Nah, itu dia beberapa manfaat dari mengonsumsi kacang gude atau kacang Bali. Kacang ini lazim dikonsumsi sebagai camilan atau campuran makanan lainnya seperti bubur atau bahan pepesan ikan dan daging. Selain itu, beberapa pengolahan juga menggunakan kacang gude sebagai campuran tepung yang digunakan untuk ransum balita. Di beberapa negara lain seperti di Afrika daun kacang gude juga diyakini dapat dijadikan campuran obat untuk menangani epilepsi.

Disadur dari Yoursay.id dan Suara.com

Kacang Kesehatan Manfaat Kacang GUde


Loading...