Berikut Beberapa Tips Sahur Sehat agar Ibadah Puasa Lancar

Berikut Beberapa Tips Sahur Sehat agar Ibadah Puasa Lancar
Ilustrasi (Pikiran Rakyat.com : Google)
Editor: Epenz Life Style —Kamis, 23 Maret 2023 14:36 WIB

Terasjabar.id -- Selama menjalankan ibadah puasa, tubuh kita tetap membutuhkan energi dan zat gizi lain untuk dapat beraktivitas seperti biasanya. Oleh karena itu, kita perlu memperhatikan asupan makanan terutama saat sahur agar tubuh tidak mudah lelah dan puasa tetap lancar.

Nah, di artikel kali ini kita akan membahas tentang beberapa tips sahur sehat yang dapat kamu terapkan saat menjalankan ibadah puasa. Melansir dari laman Healthline dan webmd, berikut lima diantaranya.

1. Perbanyak Asupan Protein

Makanan yang mengandung tinggi protein seperti telur, ikan, daging, serta kacang-kacangan dan hasil olahannya  mampu mempertahankan rasa kenyang lebih lama daripada makanan yang mengandung karbohidrat seperti nasi.

Selain itu, makanan yang mengandung protein juga mampu menjaga stamina agar tubuh tetap fit serta mencegah rasa lapar berlebihan. Oleh sebab itu, kamu bisa menambahkan lebih banyak asupan protein pada menu sahur harianmu. 

2. Pilih Makanan yang Mengandung Serat

Tidak hanya protein, serat juga mampu mempertahankan rasa kenyang lebih lama karena proses pencernaannya yang lebih lama ketimbang karbohidrat. Makanan yang mengandung tinggi serat bisa kamu dapatkan dari beragam jenis sayuran dan buah.

Kamu bisa mengkreasikan berbagai menu buah dan sayuran yang menggugah seleran, seperti capcay, cah kangkung, kailan saus tiram, salad sayur, sayur lodeh, salad buah, jus buah ataupun smoothies.

3. Cukupi Asupan Cairan

Saat berpuasa asupan cairan juga harus tetap terpenuhi seperti biasanya agar tubuh tetap terhidrasi. Kamu bisa memilih jenis menu sahur yang memiliki kandungan air yang tinggi, seperti sup ayam, sup tahu telur, soto, sayur asem, dan jenis menu lainnya. Jangan lupa untuk selalu minum air putih sebanyak 2 gelas yang dikonsumsi sebelum dan sesudah makan sahur.

4. Hindari Konsumsi Junk Food

Mengonsumsi junk food saat sahur memiliki efek buruk bagi kesehatan, karena biasanya junk food memiliki kalori, karbohidrat, lemak, garam, dan gula yang tinggi. Jika junk food dikonsumsi pada saat sahur, maka kamu akan mudah merasa haus, lapar, dan lemas karena junk food minim kandungan serat dan protein.

Selain itu, efek jangka panjangnya bisa menyebabkan tekanan darah tinggi, kolesterol, hingga obesitas dan diabetes melitus tipe II.

5. Pilih Jenis Karbohidrat Kompleks

Karbohidrat juga berfungsi untuk memberikan rasa kenyang serta energi pada tubuh, meski begitu kamu perlu memilih jenis makanan yang mengandung kabohidrat kompleks seperti nasi putih, nasi merah, gandum, quinoa, kentang, oatmeal, dan ubi jalar karena proses pencernaannya yang lebih lama.

Sebaliknya, kamu perlu menghindari asupan karbohidrat sederhana saat sahur karena lebih cepat dicerna dan membuatmu mudah merasakan lapar, seperti mie instan, cake, gula pasir, sofrdrink, dan jenis makanan olahan tepung-tepungan lainnya.

Disadur dari Yoursay.id dan Suara.com 

Ibadah Puasa Sahur Ramadan Umat Islam


Loading...