Berikut Beberapa Tips Mengajak Anak Salat Tarawih di Masjid

Berikut Beberapa Tips Mengajak Anak Salat Tarawih di Masjid
Ilustrasi (Haibunda.com : Google)
Editor: Epenz Hot News —Kamis, 23 Maret 2023 14:06 WIB

Terasjabar.id -- Momen bulan Ramadan bisa jadi momen yang tepat untuk mengajarkan anak tentang ibadah. Salah satu amalan ibadah yang bisa diajarkan ke anak adalah salat tarawih.

Namun, tentunya tidak semua anak bisa dengan mudah diajak untuk salat tarawih. Selain waktu pelaksanaannya yang malam, durasi waktu salat tarawih juga cukup lama, sehingga bisa membuat anak menjadi bosan bahkan rewel. 

Berikut ini ada lima tips yang bisa dilakukan orang tua untuk mengajak anak salat tarawih di masjid. 

1. Tidur Siang

Hal pertama yang perlu dilakukan orang tua ketika akan mengajak anak salat tarawih adalah dengan memastikan bahwa anak tidur siang dalam waktu yang cukup. Hal ini dikarenakan pelaksanaan salat tarawih umumnya dilakukan sekitar pukul 8-9 malam. 

Jadi, jika anak tidak tidur siang maka akan mengantuk saat pelaksanaan salat tarawih. Mereka akan lebih mudah rewel karena sudah lelah dan mengantuk.

2. Makan Terlebih Dulu

Sebelum mengajarkan anak tarawih di masjid, orang tua perlu memastikan bahwa perut anak tidak kosong. Usahakan anak sudah makan dengan porsi yang cukup sebelum berangkat ke masjid. Jika anak masih lapar, maka kemungkinan akan lebih mudah rewel. 

Selain itu, orang tua juga bisa membawa camilan untuk anak. Usahakan membawa camilan yang tidak mudah tumpah dan berantakan agar tidak mengganggu jamaah lain. 

3. Bawa Perlengkapan yang Dibutuhkan

Agar anak menjadi lebih nyaman saat salat tarawih, orang tua perlu membawa beberapa perlengkapan yang dibutuhkan anak. Orang tua bisa membawakan air minum, kipas angin kecil, dan mainan. Saat anak sedang lelah salat, maka mereka bisa memainkan mainannya. 

4. Datang Lebih Awal

Tips selanjutnya yang bisa dilakukan orang tua saat mengajak anak salat tarawih di masjid adalah datang lebih awal. Dengan datang lebih awal maka bisa memilih tempat yang nyaman, baik itu di pojok dekat tembok, atau dekat pendingin ruangan.

5. Jangan Memaksa

Hal terpenting yang perlu diingat oleh orang tua adalah anak baru belajar untuk melaksanakan salat tarawih dan belum memiliki kewajiban untuk melaksanakannya.

Oleh karena itu, orang tua tidak boleh memaksa anak untuk terus melaksanakan salat tarawih. Jika anak merasa lelah, maka orang tua bisa mengizinkan anak untuk beristirahat. 

Nah, itulah lima tips yang bisa dilakukan orang tua untuk mengajak anak salat tarawih di masjid. Orang tua tidak perlu terlalu memaksa anak karena ibadah salat tarawih ini masih dalam rangka belajar, selain itu juga akan membuat anak merasa tak nyaman. 

Disadur dari Yoursay.id dan Suara.com

Ramadan Salat Tarawih Masjid


Loading...