Berikut Beberapa Efek Samping Mencukur Alis

Berikut Beberapa Efek Samping Mencukur Alis
Ilustrasi (Klikdokter : Google)
Editor: Epenz Life Style —Kamis, 23 Maret 2023 13:44 WIB

Terasjabar.id -- Belum banyak orang tahu sebenarnya ada beberapa efek samping mencukur alis yang penting untuk dipahami. Apalagi bagi wanita, sangat penting mengetahuinya mengingat mereka lebih banyak tertarik mencukur alis dibandingkan pria.

Tujuan dari mencukur alis yaitu supaya lebih terlihat berbentuk dan rapi, sehingga menambah kepercayaan diri. Tapi, sebelum melakukannya, alangkah baiknya bila memahami efek samping yang kemungkinan timbul. Merangkum situs buddyku.com, inilah 4 efek samping nya:

1. Infeksi Kulit

Kebiasaan mencukur alis bisa menyebabkan kulit di area sekitarnya berpotensi mengalami infeksi. Belum banyak yang tahu terlalu sering mencukur alis dapat mengakibatkan kulit di sekitaranya menjadi trauma.

Beberapa gejala yang biasanya muncul antara lain timbul perubahan warna menjadi kemerahan serta bengkak. Bila kondisi seperti ini dibiarkan saja, tidak segera diobati, bisa menimbulkan iritasi kulit bahkan infeksi. 

2. Sulit Tidur

Efek samping mencukur alis yang kemungkinan akan dirasakan yaitu sulit tidur. Bagaimana hal seperti ini dapat terjadi? Karena, ketika mencabut atau mencukurnya, kemungkinan akan timbul ketegangan syaraf. 

Kondisi seperti inilah yang membuat tidur menjadi sulit. Akibatnya, tidur yang dimiliki menjadi tidak berkualitas. Apalagi bila sulit tidurnya di malam hari alias insomnia, sangat tidak baik untuk kesehatan tubuh, apalagi jangka panjang.

3. Timbul Jerawat

Ada berbagai penyebab jerawat timbul. Bukan hanya disebabkan oleh asupan tidak sehat serta kurang menjaga kebersihan saja. Tapi, juga bisa disebabkan oleh kebiasaan mencukur alis.

Jadi, ketika mencukur, akan membuat kulit di area sekitar alis menjadi terasa lebih sensitif serta rawan tumbuh jerawat. Akan lebih mudah terkena jerawat bila pisau cukur yang dipakai kotor. Kuman akhirnya menempel pada kulit dan menimbulkan jerawat.

4. Mata Terasa Perih

Efek samping mencukur alis terakhir yaitu membuat mata lebih sering terasa perih. Sebab, mata yang biasanya terlindung oleh alis dari paparan keringat dan air, menjadi tidak ada.

Efek samping ini berlaku bila alis dicukur secara keseluruhan, di mana pelindung yang seharusnya ada menjadi hilang. Akibatnya, mata menjadi terasa perih terkena keringat serta air tersebut. 

Sebelum mencukur alis, pahami efek samping tersebut dengan baik sebagai bahan pertimbangan untuk tetap melanjutkannya atau tidak. Mengenai efek samping mencukur alis yang ditimbulkan oleh setiap individu, akan berbeda-beda.

Disadur dari Yoursay.id

Alis Mencukur Efek Samping


Loading...