Dinas Pendidikan & Kebudayaan Kuningan Berikan Anugrah Kebudayaan Ke Madsudiadi

Dinas Pendidikan & Kebudayaan Kuningan Berikan Anugrah Kebudayaan Ke Madsudiadi
Editor: Malda Teras Kuningan —Kamis, 16 Maret 2023 16:05 WIB

Terasjabar.id - Kuningan | Abah Madsudiadi dalam usianya ke 92 tahun, mendapat Anugerah kebudayaan sebagai tokoh budaya Kuningan dari Dinas Pendidikan & Kebudayaan kabupaten Kuningan dan Dewan Kebudayaan Kuningan pada Peringatan Hari Bahasa Ibu Internasional yang digelar di Gedung Kesenian RAKSA WACANA Jl. Veteran No. 64 Kuningan Kamis (16/03/2023).
Acara dimeriahkan seni tari tradisional dan tari Kaulinan barudak lembur disaksikan Kepala Dinas Dikbud Kuningan Drs. Uca Somantri, M.Si, beserta jajaran Dewan Kebudayaan dan undangan.
Kepala Bidang Kebudayaan Disdikbud Kab. Kuningan Muplihudin,M.Pd, disela acara menjelaskan, Anugerah Kebudayaan itu diberikan kepada Abah Madsudiadi atas jasa--jasanya dalam mengembangkan dan membina kebudayaan di kab. Kuningan. Abah Madsudiadi (92) warga desa Kaduagung ini adalah pensiunan kepala Seksi Kebudayaan pada Dinas Depdikbud tahun 1980-an, yang tetap eksis melestarikan seni budaya, terangnya.

Gambar
Puncak acara "Mieling poe Basa Indung" Internasional tema Miara Basa Sunda

ditandai Louncing buku Kumpulan Carita Rayat dan Kaulinan Barudak dan Bidang kebudayaan karya Dewan Kebudayaan Kuningan dan Kumpulan Puisi Balebat karya Hj.Awan Wiarsih Sastrasudjana.
Pihak Seksi Kebudayaan Kuningan saat ini tetap konsisten melestarikan seni tradisi yang nyaris punah, khususnya kaulinan barudak lembur seperti, Oray-orayan dan Parengket jengkol, dan tradisi lainnya, ungkap Muplihudin.
Sementara itu, Pasanggiri baca sajak sunda mewarnai kegiatan "Mieling Poe Basa Indung" diikuti oleh 163 peserta terdiri dari SD/MI, SMP/MTs, dan SMK/ SMA/MA, ucap Muplihudin didampingi
Dodo Suwondo Ketua DKb Kuningan.


(H. Aboy)

Kuningan Dinas Pendidikan Viral Anugrah Kebudayaan Madsudiadi


Loading...