Berikut 10 Seafood Paling Enak di Dunia Versi Taste Atlas, Pempek Masuk 5 Besar

Berikut  10 Seafood Paling Enak di Dunia Versi Taste Atlas, Pempek Masuk 5 Besar
Ilustrasi (Lifestyle Okezone : Google)
Editor: Epenz Kuliner —Kamis, 16 Maret 2023 15:13 WIB

Terasjabar.id - Taste Atlas merilis daftar 100 seafood paling enak di dunia secara bertahap pada awal Maret 2023. Laman yang berisi sejumlah makanan dari berbagai dunia ini memusatkan makanan laut atau seafood yang masuk dalam 10 daftar berdasarkan pada penilaian.

Menariknya, Taste Atlas memasukkan pempek ke dalam salah satu olahan seafood terenak di dunia. Makanan khas Palembang ini menempati urutan keempat berdasarkan hasil penilaian. Simak daftar 10 makanan seafood terenak di dunia versi Taste Atlas berikut ini.


Daftar Seafood Paling Enak di Dunia

Ilustrasi sajian pempek khas Palembang. (Pixabay/faizdila)
Ilustrasi sajian pempek khas Palembang. (Pixabay/faizdila)

1. Ameijoas a Bulhao Pato asal Portugal

Nama hidangan asal Portugal yang satu ini diambil dari nama penyair pada abad ke-19, Raimundo Antonio de Bulhao Pato.

Olahan berbahan utama dari kerang itu dimasak dengan menggunakan minyak zaitun, jus lemon, bawang putih, dan daun ketumbar segar. Roti akan disajikan sebagai pelengkap Ameijoas a Bulhao Pato.

2. Gambas Al Ajillo asal Spanyol

Seafood paling enak di dunia yang kedua yaitu Gambas al ajillo. Makanan ini merupakan sajian pembuka asal Spayol yang bahan utamanya udang, lalu dimasak dengan tumisan bawang putih, jus lemon, dan juga paprika.

Makanan sedikit berkuah ini biasanya akan dipadukan dengan roti kering peterseli cincang sebagai bahan pelengkap.

3. Mixed Ceviche asal Peru

Mixed ceviche adalah makanan yang terbuat dari campuran seafood, seperti udang, gurita, cumi-cumi, kerang, dan juga kepiting.

Bebagai macam seafood tersebut akan direndam terlebih dulu menggunakan jus lemon, perasan jeruk nipis, jus seledri, bawang bombai, ketumbar, garam dan cabai untuk membuat hidangan mixed ceviche.

4.Pempek asal Palembang, Indonesia

Pempek menempati urutan keempat dalam daftar seafood terenak di dinua menurut Taste aAtlas. Pempek merupakan camilan yang sengaja dibuat oleh orang-orang Palembang setelah mereka bosan dengan olahan ikan berupa ikan goreng atau ikan bakar.

Jenis pempek asal Palembang ini cukup beragam, mulai dari kapal selam, adaan, lenjer, kripik, hingga pempek kulit.

5. Espetos asal Spanyol

Espetos merupakan olahan ikan yang sangat populer di sekitar Costa del Sol terutama di wilayah Málaga. Ketika musim panas tiba, Espeto menjadi hidangan untuk mengusir cuaca yang sangat menyengat.

6. Maguro Nigiri Sushi asal Jepang


Maguro nigiri sushi adalah sushi nigiri tradisional asal Jepang yang terdiri dari nasi dan irisan ikan tuna di atasnya.

Rasa maguro nigiri sushi ini dikenal sangat ringan, teksturnya juga menarik sehingga sangat cocok dinikmati oleh orang-orang yang baru pertama kali mencoba makanan ini.

Ilustrasi makanan sushi (Pexels/Rajesh TP)
Ilustrasi makanan sushi (Pexels/Rajesh TP)

7. Otoro Nigiri Sushi asal Jepang

Sama seperti sushi nigiri sebelumnya, hanya saja jenis ikan yang digunakan sebagai toping otoro nigiri sushi, yaitu ikan tuna. Potongan ikan tunan dibagi menjadi otoro atau berlemak, chutoro atau berlemak sedang, serta akami berupa daging merah.

8. Loimulohi asal Finlandia

Loimulohi merupakan sajian ikan asap yang akan dimasak di atas kayu bakar yang terbuka dengan cara tradisional. Jenis ikan yang biasanya digunakan untuk loimulohi merupakan salmon dan rainbow trout.


9. Choncitas A La Parmesana asal Peru

Choncitas A La Parmesana adalah olahan yang terbuat dari kerang. Makanan inj juga dikenal dengan nama scallop, tiram, capesante atau petoncles a la Parmigiana.

Diolah dengan cangkang kipas yang menonjol dengan cita rasa manis magis pada cangkangnya sehingga menambah kenikmatan saat difungsikan sebagai sendok.

10. Vieiras en su concha asal Spanyol

Vieiras en su concha terbuat dari kerang yang disajikan bersama cangkangnya. Bumbu untuk memasak sajian ini terdiri dari bawang putih, bawang merah, saus tomat, merica, dan garam. Penyajian hidangan asal Galicia, Spanyol ini biasanya dilengkapi dengan remah roti dan peterseli.


Disadur dari Suara.com 

Taste Atlas Seafood Dunia Pempek


Loading...