Berikut Beberapa Hal yang Sebaiknya Dipersiapkan Menjelang Idul Fitri

Berikut Beberapa Hal yang Sebaiknya Dipersiapkan Menjelang Idul Fitri
Ilustrasi (Suara.com : Google)
Editor: Epenz Life Style —Selasa, 14 Maret 2023 13:52 WIB

Terasjabar.id -- Tak terasa sebentar lagi kita memasuki bulan puasa dan menuju ke hari raya Idul Fitri. Tentu ini menjadi momen yang berarti bagi kita yang merayakannya. Selain Idul Fitri adalah hari kemenangan untuk umat muslim, Idul Fitri juga dapat mempertemukan kita dengan keluarga besar yang jarang sekali kita jumpai. Terutama dengan keluarga yang bekerja di luar kota atau bahkan luar negeri. Selain itu, Idul Fitri juga menjadi momen baik bagi kita yang muslim untuk bersilaturahmi dengan teman-teman. Saling memaafkan dapat menjadikan hari raya Idul Fitri semakin bermakna.

Nah, melihat semua hal itu, mungkin kita sempat memikirkan berapa biaya yang dibutuhkan untuk mengunjungi satu per satu rumah keluarga besar kita. Sebab, sudah menjadi budaya bahwa yang dewasa seharusnya memberikan uang pada saudara-saudara kita yang masih kecil. Namun, ternyata bukan uang saja yang harus kita pikirkan menjelang Idul Fitri, loh. Ada beberapa hal yang tidak kalah pentingnya. Berikut 4 hal yang sebaiknya dipersiapkan menjelang Idul Fitri:

1. Hati

Jagalah hati kita dari prasangka buruk apalagi dendam. Sebaiknya, maafkanlah kesalahan-kesalahan orang yang sudah menyakiti hati kita, entah disengaja ataupun tidak. Memang hal ini dibutuhkan kedewasaan, tapi kedewasaan tidak berarti kita harus berumur, kedewasaan bisa dilatih sejak dini. Salah satunya adalah dengan memaafkan kesalahan orang lain.

Namun, jangan lupa juga kita meminta maaf pada orang lain, karena mungkin saja kita memiliki kesalahan pada seseorang tapi kita tidak menyadarinya.

2. Mental

Waduh, poin ini sangat penting, ya. Sebab, Idul Fitri akan mempertemukan antara keluarga kita dengan keluarga besar. Nah, biasanya di situ akan muncul perbincangan yang membahas kebiasaan masing-masing selama ini. Jika saat itu kebiasaan buruk kita sedang dibahas, maka sebaiknya sikapilah secara dewasa, bukan marah dan kesal lalu meninggalkan rumah.

3. Public Speaking

Public speaking ternyata dibutuhkan, loh. Hal ini dapat membantu kita untuk berinteraksi dengan orang-orang yang kita jumpai, apalagi kalau mereka sampai menanyakan hal-hal yang sifatnya membuat kita merasa nyaman. Misalnya: Kapan nikah? Kapan punya anak? Kapan kerja? Dengan public speaking yang baik, maka kita bisa menjawab semua hal itu secara elegan.

4. Kesehatan

Siapa sih yang mau sakit di hari raya Idul Fitri? Tentu kita semua ingin sehat agar dapat menikmati keindahannya. Nah, karena itu jagalah kesehatan kita dengan rajin mengonsumsi vitamin dan berolahraga meski sedang menjalani puasa. Kita bisa mengganti waktu olahraga kita di malam hari, dengan begitu kita bisa minum saat kehausan.

Itulah 4 hal yang sebaiknya dipersiapkan menjelang Idul Fitri. Namun, jika kita termasuk orang yang introver, alangkah baiknya kita tidak terlalu memaksakan diri untuk menjadi orang lain. Misalnya kita memaksakan diri untuk berbicara banyak demi menghibur orang-orang, atau mungkin kita pergi ke tempat yang tidak kita sukai. Hal-hal seperti itu dapat membuat kita tidak bisa menikmati Idul Fitri dengan baik. Meskipun begitu, jika kita ingin menolak suatu ajakan, maka tolaklah dengan sopan disertai senyum. Berikan juga alasan yang bisa diterima oleh orang-orang yang mengajak kita pergi.

Disadur dari Yoursay.id dan Suara.com 

Idul Fitri Perisapan Umat Islam Ramadhan


Loading...