Berikut Beberapa Tips Simpel Atasi Rambut Mengembang

Berikut Beberapa Tips Simpel Atasi Rambut Mengembang
Ilustrasi (Lifestyle Kompas.com : Google)
Editor: Epenz Life Style —Senin, 13 Maret 2023 14:56 WIB

Terasjabar.id -- Rambut yang mengembang dan sulit diatur bisa memicu mood seseorang menjadi buruk. Selain sulit diatur, rambut yang mengembang bisa sulit untuk disisir. Pasalnya rambut yang mengembang terkadang membuat penampilan menjadi tidak pede.

Tapi kamu tak perlu khawatir, dilansir dari allthingshair.com serta berbagai sumber berikut ini tips sederhana yang bisa membantu atasi rambut agar terhindari mengembang sehingga akan mudah untuk diatur.

1. Gunakan conditioner

Conditioner merupakan produk yang sering terlewatkan bagi beberapa orang. Namun, jika kamu mempunyai permasalahan rambut mengembang, ada baiknya kamu rutin menggunakan conditioner.

Kamu bisa mulai mengaplikasikan conditioner dengan menggunakan jari-jari tangan mulai dari bagian tengah ke ujung rambut.

Dilansir dari sehatq.com, kamu dianjurkan untuk memilih conditioner yang memiliki kandungan protein. Hal tersebut karena, protein diyakini dapat mengontrol rambut sehingga lebih mudah untuk diatur.

2. Keramas dengan menggunakan air dingin

Selanjutnya yaitu keramas dengan menggunakan air dingin. Keramas menggunakan air dingin bertujuan agar rambut mudah diatur.

Pasalnya jika keramas dengan menggunakan air panas dapat membuka kutikula rambut yang bisa menghilangkan kelembapan rambut. Hal tersebut bisa mengakibatkan rambut menjadi mekar dan sulit untuk diatur.

3. Perhatikan penggunaan hair dryer

Jika kamu memiliki permasalahan rambut mengembang, mulai saat ini perlu memperhatikan penggunaan hair dryer pada rambutmu.

Panas yang dihasilkan oleh hair dryer yang langsung berhembus pada rambut yang masih basah bisa memicu keringnya rambut dan mudah untuk mengembang.

Namun kamu tak perlu khawatir agar rambut tidak rusak ada baiknya kamu perlu mengeringkan rambut terlebih dahulu dengan handuk.

Pastikan jika tidak ada air yang menetes dari rambut sebelum mengeringkannya dengan hair dryer. Cara ini bertujuan agar menjaga rambutmu agar tetap lembap dan sehat.

4. Mengeringkan rambut dengan ditepuk lembut

Hal sederhana selanjutnya yaitu mengeringkan rambut dengan handuk namun dengan cara lembut. Hindari kebiasaan mengeringkan rambut dengan cara digosok-gosok.

Hal tersebut bisa menjadi pemicu rambut yang megar dan sulit untuk ditata. Mulai sekarang lakukan dengan menepuk lembut rambut menggunakan handuk secara perlahan.

5. Hindari rambut dari paparan sinar matahari

Rambut yang terkena sinar matahari langsung bisa merusak kesehatan rambut. Paparan sinar UV B bisa menghilangkan protein yang terdapat pada rambut, sehingga rambut mudah mengembang.

Mulai saat ini, gunakan pelindung rambut seperti payung, topi atau scarf yang bisa melindungi rambutmu dari paparan sinar UV secara langsung.

Itu tadi beberapa tips sederhana yang bisa dilakukan untuk mengatasi rambut mengembang. Perlu diperhatikan pula penggunaan sampo yang sesuai dengan kondisi rambutmu.

Disadur dari Yoursay.id dan Suara.com 

Rambut Mengembang Diatur


Loading...