Event Motor Trail di Ranca Upas Berakhir Ricuh 3 Motor Dibakar dan Beberapa Area di Rancaupas Alami Kerusakan Termasuk Perkebunan Milik Warga

Event Motor Trail di Ranca Upas Berakhir Ricuh 3 Motor Dibakar dan Beberapa Area di Rancaupas Alami Kerusakan Termasuk Perkebunan Milik Warga
MSN
Editor: Malda Hot News —Rabu, 8 Maret 2023 10:52 WIB

Terasjabar.id - Heboh rusuhnya event motor trail di Ranca Upas, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung. Akibat adanya event tersebut beberapa area di kawasan Ranca Upas mengalami kerusakan.
"Kelanjutannya panitia menyepakati perbaikan. Jadi ada beberapa kerusakan yang akan diganti oleh panitia. Kemudian kemarin Senin udah disepakati sama pihak Ranca Upas, soalnya ada kerusakan yang harus diperbaiki," ujar Kapolsek Ciwidey, Iptu Anjar Maulana, saat dihubungi detikJabar, Selasa (7/3/2023).

Pihaknya menyebutkan kerusakan tersebut merembet hingga jalan dan perkebunan milik warga. Hal tersebut diakibatkan adanya motor yang melewati perkebunan milik warga.

"Karena lokasinya di kebun, yang rusak, kebun kopi sama kebun sayur. Jadi beberapa dari petani atau warga itu jalan atau akses ke lokasi petani itu rusak. Soalnya banyak motor yang lewat situ," katanya.

Anjar mengungkapkan pihak panitia berjanji akan memperbaiki sejumlah kersakan di Ranca Upas yang rusak. Pnitia akan melakukan perbaikan dan kompensasi kepada warga atau petani.

"Jadi ada kompensasi dari panitia kepada warga dan petani. Di sisi lain memperbaiki jalan yang sering di pakai warga, soalnya jalannya sekarang nggak bisa dipakai lagi. Soalnya kemarin ada kubangan yang dalem," ucapnya.

"Pohon-pohon dan tanaman milik petani udah digantiin sama panitia. Jadi saat ini panitia masih dalam proses penggantian kompensasi," tambahnya.

Dia menegaskan saat ini ketua panitia tersebut belum ditetapkan tersangka. Pasalnya mereka menyanggupi adanya penggantian.

"Iya panitia pada akhirnya tanggung jawab dan siap mengganti kerugian yang dialami warga sekitar. Jadi nggak jadi tersangka ketua panitianya," tegasnya.

Anjar menambahkan saat kejadian pihak Polsek Ciwidey, Pengelola Ranca Upas, dan warga melakukan evakuasi secara bersama-sama. Evakuasi tersebut dilakukan terhadap peserta yang susah keluar dari area track.

"Kami juga pada hari H nya di lokasi. Kita ngebantu para peserta yang terjebak yang di hutan bersama warga, pengelola Ranca Upas, ada ambulans juga. Kami juga sempat menanyakan ke mereka. Kalau merasa dirugikan silakan laporan ke kami," pungkasnya.

Baca artikel detikjabar, "Beberapa Bagian Ranca Upas Rusak Usai Ajang Trail Rusuh" selengkapnya https://www.detik.com/jabar/berita/d-6606102/beberapa-bagian-ranca-upas-rusak-usai-ajang-trail-rusuh.


Ranca Upas Event Motor Trail Iptu Anjar Maulana Viral Kab Bandung rancabali Edelweis Tanaman


Loading...