Berikut Beberapa Penyebab Jerawat Semakin Parah

Berikut Beberapa Penyebab Jerawat Semakin Parah
Ilustrasi (Alodokter : Google)
Editor: Epenz Hot News —Sabtu, 4 Maret 2023 14:09 WIB

Terasjabar.id - Jerawat adalah masalah kulit yang umum terjadi pada remaja dan dewasa muda. Jerawat muncul ketika folikel rambut di kulit tersumbat oleh minyak dan sel-sel kulit mati sehingga bisa menyebabkan peradangan dan munculnya bintik-bintik merah atau putih. 

Ada beberapa faktor dapat memperburuk kondisi jerawat dan membuatnya semakin parah. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa penyebab jerawat semakin parah yang perlu diwaspadai.


1. Kebiasaan Merokok

Merokok adalah salah satu faktor yang dapat memperburuk kondisi jerawat. Hal ini karena rokok mengandung zat-zat yang dapat merusak kesehatan kulit dan memperparah jerawat seperti nikotin. 

Ilustrasi perempuan yang sedang berjerawat (Pexels.com/Anna Nekrashevich)
Ilustrasi perempuan yang sedang berjerawat (Pexels.com/Anna Nekrashevich)

Nikotin dapat menyebabkan peradangan dan pengerasan pada pori-pori kulit. Selain itu, merokok juga bisa menurunkan kadar oksigen dalam darah sehingga mengurangi kemampuan kulit untuk memperbaiki diri sendiri.

2. Mengonsumsi Makanan Tidak Sehat

Makanan yang tinggi lemak, gula, dan karbohidrat sederhana dapat memicu produksi hormon yang memperburuk kondisi jerawat. Hormon insulin dan androgen dapat merangsang produksi minyak berlebih di kulit sehingga menyebabkan penyumbatan pada pori-pori dan munculnya jerawat. 

Beberapa contoh makanan yang sebaiknya dihindari adalah makanan cepat saji, makanan olahan, dan minuman bersoda.

3. Menggunakan Produk Kosmetik yang Tidak Sesuai

Pemilihan produk kosmetik yang tidak sesuai dapat memperburuk kondisi jerawat. Beberapa produk kosmetik mengandung bahan-bahan yang dapat menyebabkan iritasi dan peradangan pada kulit, seperti parfum, pewarna, dan bahan pengawet. 

Produk kosmetik yang tidak sesuai dapat menyumbat pori-pori dan memperburuk kondisi jerawat, seperti foundation dan pelembap yang terlalu berat.

4. Menggunakan Produk Perawatan Kulit yang Tidak Sesuai

Pemilihan produk perawatan kulit yang tidak sesuai juga dapat memperburuk kondisi jerawat. Beberapa produk perawatan kulit mengandung bahan-bahan yang dapat menyebabkan iritasi dan peradangan pada kulit, seperti retinoid dan asam salisilat. Selain itu, beberapa produk perawatan kulit juga dapat membuat kulit menjadi kering dan mengiritasi.

5. Faktor Hormonal

Faktor hormonal juga dapat memperburuk kondisi jerawat. Produksi hormon androgen pada remaja dan dewasa muda dapat merangsang produksi minyak berlebih di kulit sehingga menyebabkan penyumbatan pada pori-pori dan munculnya jerawat. 

Kondisi hormonal yang tidak stabil pada wanita, seperti selama menstruasi atau kehamilan, juga dapat memperburuk kondisi jerawat.

Nah, itulah informasi seputar penyebab jerawat semakin parah yang dapat kamu ketahui. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat.

Disadur dari Suara.com 

Jerawat Remaja Sel Sel Kulit Mati


Loading...