Danrem 062/Tn Hadiri Sosialisasi Implementasi Strategi Kolaborasi Penurunan Angka Pengangguran Melalui Gentra Karya

Danrem 062/Tn Hadiri Sosialisasi Implementasi Strategi Kolaborasi Penurunan Angka Pengangguran Melalui Gentra Karya
Editor: Jajang Teras Garut —Senin, 27 Februari 2023 15:55 WIB

GARUT, (terasjabar.id).- Komandan Korem 062/Tn Kolonel Inf Asep Sukarna, S.Sos., S.I.P., M.M., menghadiri acara sosialisasi implementasi strategi kolaborasi penurununan angka pengangguran melalui gerakan tenaga kerja berkarya (Gentra Karya) bertempat di hotel Harmoni, Jl. Cipanas Baru, Kel. Pananjung, Kec. Tarogong Kaler, Kab. Garut, Senin (27/02/2023).

Kegiatan di awali dengan pembacaan doa, laporan penyelenggaraan kegiatan oleh kepala dinas Tenaga kerja Jawa Barat Ny. Ema Sugiarti, SE., MM., dilanjutkan sambutan Bupati Garut H. Rudy Gunawan S.H., M.H., menyampaikan jabatan kita ini dipilih oleh rakyat dan rakyat yang memilih kita pasti ada kesulitan diantaranya bagaimana menyekolahkan anak-anaknya. Dengan jumlah penduduk yang hampir 2.7Jt, tidak gampang mengurus penduduk garut dengan karakteristik yang seperti itu. Luas lahan pertanian dan perkebunan yang tidak mumpuni untuk dikelola karena tanahnya kepunyaan Perhutani, BKSDA, PTPN, dan perkebunan swasta besar, kita berusaha dengan menjadikan daerah industri akan tetapi itupun kalah saingan dengan daerah lain yang memiliki fasilitas lebih lengkap seperti Kab. majalengka.

Untuk itu banyak kemungkinan masyarakat kita yang akan bekerja di luar negeri menjadi TKI/TKW, yang persyaratannya tidak perlu mempunyai keahlian bahasa dikarenakan kedepan akan bisa dengan sendirinya dan saya mengharapkan seperti perintah bapak Presiden RI Ir. H. Joko Widodo untuk menempatkan tenaga kerja yang tidak asal-asalan, dilakukan dengan profesional, dilakukan dengan satu sistem perlindungan. Karena kerja apapun diluar negeri pasti ada unsur ekonominya maka oknum-oknum yang menyesatkan untuk kepentingan sesaat seperti menyalurkan tenaga kerja tidak melalui prosedur yang semestinya harus kita cegah."Tuturnya.

Dengan hadirnya BP2MI di tengah-tengah kita, dapat memberikan dampak pengetahuan bagi para camat, kepala desa dan bagi para kepala kelurahan, saya merasa miris karena masih adanya tenaga kerja yang mendapatkan kekerasan dan tidak ada perlindungannya, untuk itu saya berharap jadikan acara ini sebagai pengabdian kepada masyarakat Garut dan memberikan service kemanusiaan kepada warga Garut jangan sampe diiming-imingi oleh para mafia untuk bekerja di luar negeri," tambahnya.

Kegiatan di akhiri dengan pemberian materi oleh kepala BP2MI Bpk. Benny Rhamdani.

Hadir pada kegiatan tersebut diantaranya : Dandim 0611/Garut Letkol Czi. Dhanisworo, S.Sos., Ketua DPRD kab Garut Dra. Hj. Euis Ida Wartiah, M.Si., Kasiintel Korem 062/Tn Letkol Inf Drs Jalaluddin Haykal, Wakapolres Garut Kompol Yopi M Suryawibawa, S.Pd., S.I.K., M.M., C.P.HR., ketua Apdesi Garut H Oban Sobarna, para Deputi bidang penempatan dan perlindungan kawasan Eropa dan Timur Tengah para kepala dinas Kab. Garut, para Camat, Lurah, kepala Desa Kab. Garut dan para tamu undangan lainnya. (Penrem 062/Tn)

Danrem 062/Tn Hadiri Sosialisasi Implementasi Strategi Kolaborasi Penurunan Angka Pengangguran Melalui Gentra Karya


Loading...