Berikut Beberapa Penyebab Stretch Mark Bisa Muncul

Berikut Beberapa Penyebab Stretch Mark Bisa Muncul
Ilustrasi (Merdeka.com : Google)
Editor: Epenz Teras Health —Senin, 23 Januari 2023 15:25 WIB

Terasjabar.id -- BANYAK cewek tak suka dengan munculnya strectch mark karena membuat kurang percaya diri. Ketika ingin memakai baju yang menunjukkan bagian kulit tertentu seperti di paha dan perut pun terasa tidak nyaman.

Biasanya stretch mark muncul di perut, paha, panggul, payudara, lengan, punggung bawah, dan bokong. Memang, stretch mark akan terjadi seiring dengan menurunnya elastisitas kulit akibat umur yang bertambah.

Lantas, apa penyebab stretch mark?

hamil

1. Kehamilan

Menurut British Journal of General Practice, antara 50-90 persen ibu hamil memiliki stretch mark selama hamil ataupun setelah melahirkan. Stretch mark disebabkan oleh kehamilan akibat perubahan hormon saat hamil yang memengaruhi kulit. Lapisan kulit tengah (dermis) meregang dan pecah di beberapa bagian, sehingga menimbulkan stretch mark.

2. Pubertas

Pubertas adalah fase pertumbuhan normal bagi laki-laki dan perempuan menjelang dewasa. Saat pubertas, biasanya remaja akan mengalami pertambahan berat dan tinggi badan. Pertambahan berat dan tinggi badan bisa menyebabkan timbulnya garis halus atau stretch mark di kulit. Kondisi ini terjadi karena kulit pada tubuh meregang seiring pertumbuhan tubuh yang cepat.

3. Kenaikan Berat Badan

Stretch mark juga disebabkan oleh naiknya berat badan dalam waktu singkat. Hal ini membuat kulit harus meregang untuk mengimbangi pertambahan berat badan. Saat kulit meregang berlebihan, maka kulit bisa mengalami semacam robekan. Robekan pada dermis memicu munculnya garis-garis di kulit atau stretch mark.

4. Turunnya Berat Badan

Kamu juga harus tahu, penurunan berat badan dalam waktu singkat juga menjadi penyebab stretch mark, lho. Hal ini terjadi karena kulit mengendur dan menimbulkan lipatan berlebih. Kelebihan lipatan kulit tersebut akan membebani area kulit lain, sehingga memicu peregangan atau robekan yang menyebabkan stretch mark.

5. Implan Payudara

Menurut dr. Arina Heidyana, implan payudara bisa menjadi penyebab stretch mark di kulit. “Implan payudara memiliki tujuan untuk memperbesar ukuran payudara. Nah, pembesaran ini bisa membuat kulit lebih meregang cepat, sehingga bisa timbul stretch mark terutama jika implan yang dipasang cukup besar,” jelas dr. Arina.

6. Faktor Keturunan

Stretch mark bisa disebabkan oleh faktor genetik atau riwayat dalam keluarga. Jika kamu punya anggota keluarga yang memiliki stretch mark, kemungkinan besar kamu juga akan memilikinya. Setelah mengetahui berbagai penyebab stretch mark, yuk, mulai peduli dengan kondisi kesehatan kulitmu! Rajinlah mengoleskan pelembap dan makan makanan bergizi agar kondisi kulit terjaga.

Disadur dari Okezone.com 

strectch mark Perut Paha Penyebab


Loading...