Berikut Beberapa Fakta Menarik Rivalitas Panas Arsenal vs Manchester United

Berikut Beberapa Fakta Menarik Rivalitas Panas Arsenal vs Manchester United
(Tribun Jogja : Google)
Editor: Epenz Sport Style —Sabtu, 21 Januari 2023 15:28 WIB

Terasjabar.id -- Arsenal akan menjamu Manchester United pada lanjutan Premier League 2022/23 di Emirates Stadium pada hari Minggu (22/1) mulai pukul 23.30 WIB. Laga ini diprediksi berlangsung sengit mengingat kedua tim tengah dalam performa bagus.

Tim tuan rumah meraih 4 kemenangan dan sekali imbang dalam 5 laga terakhir. Sementara itu sang rival dari kota Manchester juga mencatatkan statistik serupa dalam rentang waktu yang sama.

Berkat catatan apik tersebut, kini kedua tim nyaman di papan atas. Arsenal untuk sementara kokoh di puncak klasemen dengan raihan 47 poin. Sementara itu, United menguntit di posisi ketiga dengan koleksi 39 poin.

Menjelang laga akbar tersebut, berikut ini adalah beberapa fakta menarik dalam rivalitas Arsenal vs Manchester United:

1. Telah bertemu lebih dari 200 kali

Salah satu alasan yang menjadikan pertemuan Arsenal vs Manchester United layak dilabeli dengan gelar "Big Match" dikarenakan sejarah panjang pertandingan antara keduanya. Arsenal dan United tercatat pertama kali bertemu pada 13 Oktober 1894. Saat itu kedua tim bermain imbang 3-3.

Setelah pertemuan pertama tersebut, Arsenal dan Manchester United telah bertemu sebanyak 237 kali dengan 86 kemenangan bagi Arsenal berbanding 98 kemenangan United. Sementara itu 53 laga lainnya berakhir imbang.

2. Kedua klub termasuk kesebelasan paling berprestasi di Inggris

Fakta menarik selanjutnya adalah kedua klub termasuk kesebelasan paling berprestasi di sepakbola Inggris. Sejak liga Inggris pertama kali digelar pada 1888 silam, Manchester United menjadi yang tersukses dengan raihan 20 gelar. Arsenal sendiri masuk dalam urutan ketiga dengan koleksi 13 gelar.

Manchester United boleh saja unggul dalam gelar liga Inggris. Namun jika berbicara Piala FA yang notabene adalah kompetisi sepakbola tertua di dunia, Arsenal memiliki gelar terbanyak dengan 14 kali menjadi juara diikuti United di posisi kedua dengan raihan 12 gelar.

3. Legenda Inggris jadi top skor pada pertandingan ini

Legenda Inggris sekaligus Manchester United yakni Wayne Rooney menjadi pemain yang paling banyak mencetak gol pada pertemuan bersejarah antara Arsenal menghadapi United ini. Rooney telah melesakkan 12 gol dari 30 penampilan pada laga ini. Sementara itu, bagi kubu Arsenal, terdapat legenda klub Thiery Henry yang menjadi top skor Arsenal pada partai ini dengan koleksi 9 gol dari 23 pertandingan.

4. Sama-sama punya performa apik musim ini

Penampilan apik selama paruh musim ini tentunya menjadi angin segar bagi Arsenal dan Manchester United. Bagaimana tidak? kedua tim cukup lama tidak bersaing memperebutkan gelar Premier League. Terakhir kali United menjadi juara adalah pada musim 2012/13. Sementara itu, Arsenal justru lebih lama mengalami puasa gelar karena terakhir kali juara pada musim 2003/04.

Oleh karena itu, momentum baik pada musim 2022/23 ini tentu tak ingin disia-siakan oleh kedua klub. Arsenal berusaha tetap di jalur kemenangan untuk memperbesar peluang menjadi jawara. Sementara itu, United juga ingin meraih hasil maksimal demi meramaikan perebutan gelar juara Premier League.

Itulah fakta-fakta menarik menjelang duel Arsenal vs Manchester United. Menarik dinantikan siapakah yang akan meraih hasil maksimal dan memperbesar peluang menjadi jawara Premier League 2022/23.


Disadur dari Suara.com dan Yoursay.id 

Arsenal Manchester United Premier League


Loading...