Beberapa Varian Fried Chicken di Seluruh Dunia ! Unik Tapi Tetap Enak

Beberapa Varian Fried Chicken di Seluruh Dunia ! Unik Tapi Tetap Enak
Foto: Pinterest
Editor: Malda Kuliner —Rabu, 18 Januari 2023 10:57 WIB

Terasjabar.id - Beberapa Varian Fried Chicken di Seluruh Dunia ! Unik Tapi Tetap Enak 

Fried chicken disajikan berbeda di berbagai negara. Racikannya istimewa seperti ditemukan dalam fried chicken gaya India hingga Kroasia. Ini daftarnya.
Fried chicken yang umum dikenal adalah potongan ayam utuh berbalut tepung lalu digoreng ala Amerika. Tapi di beberapa negara, fried chicken hadir dalam berbagai versi. Campuran bahannya tak sekadar tepung dan bentuknya juga tak melulu potongan ayam utuh.

Variasi fried chicken ini begitu unik dan menggugah selera. Semuanya bisa ditemukan saat kamu mengunjungi negara-negara berikut. Ini daftar fried chicken di 7 negara yang menarik dicoba seperti dikutip dari The Daily Meal (17/1):

1. Taiwan

Micky's Favorite Taiwanese Recipes: Taiwanese Fried Chicken: Secrets  Revealed! | Resep masakan taiwan, Resep makanan, Makanan dan minuman

Foto: Pinterest

Di Taiwan, fried chicken menjadi jajanan kaki lima populer. Jangan bayangkan bentuknya berupa potongan ayam utuh karena fried chicken Taiwan berupa lembaran pipih berbalut tepung.

Untuk membuatnya, dada ayam dipotong terbuka seperti kupu-kupu lalu dimarinasi dengan bubuk five spice dan rempah lain. Untuk tepung pelapisnya menggunakan tepung tapioka sehingga renyahnya khas. Di Indonesia, fried chicken Taiwan populer dengan tambahan bumbu BBQ hingga nori.

2. India
7 Variasi Fried Chicken yang Tak Kalah Gurih dengan KFC
Foto: Getty Images/iStockphoto/donstock


Di India ada beberapa versi fried chicken terkenal. Salah satunya Chicken 65 atau Chennai fried chicken yaitu menu pembuka yang terdiri dari beberapa potong ayam goreng tepung berbalut saus pedas.

Lalu ada juga fried chicken yang dimarinasi dengan campuran bawang putih, bawang bombai, jahe, kunyit, dan ragam rempah lain sebelum digoreng. Tak ketinggalan Thattukada fried chicken yang disajikan bersama bawang dan daun kari goreng.

3. China

KFC China.2018 Christmas on Behance | Food poster design, Food poster,  Aesthetic food

Foto: Pinterest

Di China, fried chicken yang populer adalah gaya Amerika Serikat. Buktinya menu KFC sangat disukai di sana. Hanya saja KFC melakukan penyesuaian dengan menjual potongan ayam yang lebih kecil sehingga lebih mudah dimakan menggunakan sumpit atau tusukkan.

Lalu ada rasa-rasa unik yang kerap diperkenalkan KFC China. Misalnya fried chicken cabe, tomat, plum, dan jinten. Untuk versi tradisionalnya, di China sebenarnya ada resep fried chicken populer dimana ayam direbus atau dikukus dulu sebelum digoreng. Hanya saja kesulitan pencarian bahan baku berupa bahan menggoreng di masa lampau membuat fried chicken tradisional China ini tidak bertahan.

4. Austria
7 Variasi Fried Chicken yang Tak Kalah Gurih dengan KFC
KFC Foto: Getty Images/iStockphoto/donstock
Austria terkenal dengan hidangan schnitzel yang menurut banyak orang termasuk 'keluarga' fried chicken. Tapi faktanya schnitzel dibuat dari potongan daging tipis sapi atau sapi muda (veal) yang dibalut tepung roti kemudian digoreng pakai mentega sampai kulitnya renyah.

Untuk menu yang lebih mirip fried chicken, Austria punya backhendl. Menu ini berasal dari Vienna pada tahun 1700 an. Fried chicken ini dibuat dengan membaluri daging ayam kecil dengan beragam rempah dan air lemon, kemudian dipotong kecil-kecil. Barulah daging ayam dicelupkan ke dalam campuran telur, tepung terigu, dan tepung roti sebelum digoreng. Biasanya backhendl disajikan bersama irisan lemon, selada, parsley goreng, dan salad kentang.

5. Italia

Chicken Parmigiana | Recipe | Chicken parmigiana, Chicken parmigiana  recipe, Recipetin eats

Foto: Pinterest

Sebenarnya Italia tidak punya resep fried chicken asli karena konsumsi daging ayam tidak jamak di sana, namun seiring waktu, ketika banyak orang Italia bermigrasi ke Amerika Serikat, mereka membuat menu chicken parmigiana. Sebenarnya hidangan ini terinspirasi eggplant parmigiana, namun diganti dengan ayam karena di benua Amerika daging lebih mudah didapatkan.

Chicken parmigiana merupakan potongan fillet dada ayam yang dilapisi tepung panir lalu digoreng. Untuk sausnya berbahan tomat dan diberi topping keju mozzarella serta parmesan.

6. Kroasia
7 Variasi Fried Chicken yang Tak Kalah Gurih dengan KFC
Foto: Getty Images/iStockphoto/donstock
Di Kroasia adalah kreasi fried chicken unik bernama pohani v. Berasal dari Virovitica, menu ini dibuat dari dada ayam yang dipotong bentuk V, dibumbui, dilapisi campuran tepung, telur, susu, dan tepung roti, lalu digoreng hingga matang.

Penyajian pohani v secara tradisional dengan sour cream atau krim dicampur lobak pedas. Di Kroasia juga muncul variasi fried chicken pada 2019 yang diluncurkan restoran cepat saji, Vruca Cuca. Ayam goreng tepung ini disajikan bersama kentang goreng, bawang bombai goreng, dan irisan lemon.

7. Brasil

Coxinha - Brazilian Street Food | Recipe | Brazillian food, Brazilian food,  Chicken croquettes

Foto: Pinterest

Fried chicken ala Brasil memiliki tampilan paling beda dari yang lain. Namanya coxinha yang berbentuk mirip bola kecil, digoreng hingga berwarna cokelat keemasan. Bentuk coxinha sebenarnya ingin menyamai paha ayam (drumstick) karena secara harfiah arti "coxinha" dalam bahasa Portugis adalah "paha kecil."

Untuk membuatnya, coxinha tidak dibuat dari potongan daging ayam utuh, tapi adonan berbahan dasar ayam suwir, kaldu ayam, tepung terigu, dan terkadang keju. Adonan dibentuk seperti drumstick lalu digoreng. Selain ayam, coxinha juga bisa dibuat dari daging babi atau sayuran.



Baca artikel detikfood, "7 Variasi Fried Chicken yang Tak Kalah Gurih dengan KFC" selengkapnya https://food.detik.com/info-kuliner/d-6520481/7-variasi-fried-chicken-yang-tak-kalah-gurih-dengan-kfc.


Fried Chicken Austria Taiwan China India Kroasi Brazil Italia


Loading...