8 Makanan yang Bisa Hilangkan Bau Badan ! Jadi Nggak Usah Pake Deodoran Banyak-banyak

8 Makanan yang Bisa Hilangkan Bau Badan ! Jadi Nggak Usah Pake Deodoran Banyak-banyak
Suara.com
Editor: Malda Life Style —Sabtu, 14 Januari 2023 13:23 WIB

Terasjabar,id -- 8 Makanan yang Bisa Hilangkan Bau Badan ! Jadi Nggak Usah Pake Deodoran Banyak-banyak 

Produksi keringat berlebih bisa memicu bau badan tak sedap. Bau badan umumnya muncul ketika keringat bereaksi dengan bakteri.
Tak hanya deodoran, rupanya ada beberapa makanan yang dapat mengusir bau badan.

Bau badan sebagian besar dapat dipengaruhi oleh pola makan yang buruk. Bahan makanan seperti cabai, bawang putih, bawang merah, dan sebagainya dapat menimbulkan bau menyengat pada keringat. Pola makan kaya protein juga diyakini sebagai penyebab bau badan.


Ketika seseorang mengonsumsi makanan tertentu dalam jumlah banyak, senyawa berbau tak sedap yang dikandungnya dapat dikeluarkan melalui kelenjar keringat. Tak heran jika kemudian bau keringat jadi sangat menyengat.

Makanan untuk mengusir bau badan
Kabar baiknya, Anda tak perlu khawatir karena bau badan bisa diusir atau dicegah dengan konsumsi beberapa makanan. Berikut beberapa makanan untuk mengusir bau badan.

1. Buah sitrus
Mengutip Be Beautiful, buah sitrus seperti lemon dan jeruk dapat mengurangi akumulasi racun dalam tubuh sehingga membatasi pertumbuhan bakteri penghasil bau.

Segelas air lemon hangat atau jus jeruk segar juga bisa menyegarkan tubuh.

2. Teh hijau
Dikenal akan sifat antioksidannya, konsumsi teh hijau secara teratur dapat membantu melawan bau mulut, bau badan, dan bau kaki.

Minum dua hingga tiga cangkir teh hijau dengan madu setiap hari. Perhatikan perbedaannya pada bau tubuh Anda.

3. Sayuran hijau
ILustrasi. Kale, salah satu makanan untuk mengusir bau badan. (iStockphoto/bhofack2)
Tak dimungkiri, makan banyak sayuran berdaun hijau memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Kale, bayam dan selada air mengandung klorofil tingkat tinggi yang menetralkan senyawa penyebab bau di dalam tubuh.

4. Makanan kaya serat
Menukil laman Life Hack, makanan tinggi serat seperti kacang polong, lentil, dan buncis akan melancarkan pencernaan. Hal ini akan membuat senyawa berbau apa pun dalam makanan dapat diproses lebih cepat dan lebih sedikit yang dikeluarkan melalui keringat.

5. Fenugreek
Biji dan daun fenugreek memiliki kemampuan melawan bau yang dilakukannya dengan menghilangkan racun dari tubuh.

Anda bisa meminum infused water dengan daun fenugreek. Atau, bisa juga mengunyah beberapa biji fenugreek di pagi hari.

6. Tomat
Makanan lain yang bisa melawan bau badan tak sedap adalah tomat. Tomat mengandung sifat antibakteri dan antiseptik alami yang membantu mengurangi jumlah bakteri penyebab bau badan.

Selain itu, sebagai astringen alami, tomat membantu mengecilkan pori-pori dan menyumbat saluran yang mengeluarkan keringat. Kemampuan ini membuat tomat bisa membantu mengontrol keringat berlebih.

7. Kayu manis
Dikenal sebagai penyegar napas yang efektif, kayu manis adalah bahan lain yang dapat menghilangkan bau badan. Minyak atsirinya membantu melawan bau mulut dengan mengurangi jumlah bakteri di mulut.

Minum teh kayu manis setidaknya sekali sehari. Untuk membuat teh, rendam sebatang kayu manis berukuran sedang dalam air panas selama 10 menit, lalu minum. Ramuan ini juga akan membantu meningkatkan kesehatan pencernaan.

Untuk mengatasi bau mulut secara instan, gunakan teh kayu manis dingin sebagai obat kumur.

8. Peterseli
Mengutip berbagai sumber, efek antibakteri pada peterseli dapat memerangi bakteri penyebab bau di dalam tubuh. Peterseli juga membantu dalam proses detoksifikasi.

Minum 2 cangkir teh peterseli setiap hari. Untuk membuatnya, seduh 1 sdt peterseli segar yang telah yang telah dipotong-potong dalam secangkir air panas selama 5 menit. Saring, lalu biarkan agak dingin sebelum diminum.

Demikian beberapa makanan untuk mengusir bau badan. Dengan daftar makanan di atas, Anda tak perlu lagi ketergantungan dengan parfum.

Baca artikel CNN Indonesia "8 Makanan yang Bisa Usir Bau Badan Tanpa Deodoran, Coba Minum Es Jeruk" selengkapnya di sini: https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20230113103557-262-899913/8-makanan-yang-bisa-usir-bau-badan-tanpa-deodoran-coba-minum-es-jeruk.

Makanan Viral Bau Badan Deodoran Bawang Bau Bawang


Loading...