Berikut Beberapa Alasan Timnas Indonesia Bisa Gemilang di Piala Asia 2023

Berikut Beberapa Alasan Timnas Indonesia Bisa Gemilang di Piala Asia 2023
(Bola Kompas : Google)
Editor: Epenz Sport Style —Jumat, 13 Januari 2023 15:30 WIB

Terasjabar.id - Timnas Indonesia bisa tampil gemilang di Piala Asia 2023 dengan sejumlah pertimbangan. Timnas Indonesia berhasil menembus Piala Asia 2023 usai lolos sebagai salah satu Runner Up grup terbaik pada babak Kualifikasi yang digelar tahun lalu.

Keberhasilan ini pun menjadi catatan manis tersendiri, di mana Timnas Indonesia akan kembali ke ajang empat tahunan itu untuk pertama kalinya sejak 2007 silam.

Dengan begitu paling tidak ada 5 alasan Timnas Indonesia bisa tampil bagus di Piala Asia 2023:

1. Peran Pemain Naturalisasi

Tak ada yang menampik betapa pentingnya peran para pemain naturalisasi. Hal ini ditunjukkan Jordi Amat dan Marc Klok pada Piala AFF 2022 lalu.

Di Piala Asia 2023 nanti, Timnas Indonesia akan mendapat tambahan pemain naturalisasi lagi pada diri Sandy Walsh dan Shayne Pattynama serta Elkan Baggott yang akan menambah kekuatan untuk menghadapi lawan-lawan berat di level Asia.

2. Waktu Persiapan Lebih Panjang

Di Piala AFF 2022 lalu, Timnas Indonesia memang melakoni persiapan cukup panjang. Tapi adanya kendala pemain yang absen dan tak adanya uji coba membuat persiapan ini pun tak cukup matang.

Karena Piala Asia 2023 akan digelar pada Juni nanti, maka Timnas Indonesia punya waktu untuk beruji coba sembari melakukan persiapan jauh lebih matang.

3. Kompetisi Usai

Di Piala AFF 2022 lalu, kompetisi domestik seperti liga masih bergulir, sehingga pemain seperti Sandy Walsh dan Elkan Baggott tak bisa bergabung.

Mengingat Piala Asia 2023 akan digelar di pertengahan tahun atau saat kompetisi usai, maka kedua pemain itu dan Shayne Pattynama yang hampir menjadi WNI bisa bergabung dan membela Timnas Indonesia.

4. Skuad Lengkap

Di Piala AFF 2022 lalu, selain tak adanya pemain naturalisasi seperti Sandy Walsh dan Elkan Baggott, komposisi pemain lokal Timnas Indonesia terbilang tak lengkap dengan absennya Dimas Drajad.

Tapi di Piala Asia 2023 nanti, Dimas Drajad kemungkinan besar akan disertakan dan tampil untuk memimpin lini serang Timnas Indonesia.

5. Persiapan Para Pemain Naturalisasi

Di Piala AFF 2022 lalu, Jordi Amat baru melakoni debutnya bersama Timnas Indonesia, alias belum beradaptasi dengan para pemain lainnya serta taktik Shin Tae-yong.

Tapi di Piala Asia 2023 nanti, para pemain naturalisasi seperti Jordi Amat, Sandy Walsh, dan Shayne Pattynama akan bisa memiliki waktu panjang untuk nyetel dengan skuad dan taktik Shin Tae-yong.

Disadur dari Suara.com 

Timnas Indonesia Piala ASia 2023 Skuad


Loading...