Berikut Beberapa Cara Mudah Mengatasi Warna Kulit Wajah Tidak Merata

Berikut Beberapa Cara Mudah Mengatasi Warna Kulit Wajah Tidak Merata
Ilustrasi (Liputan6.com : Google)
Editor: Epenz Teras Health —Jumat, 16 Desember 2022 12:43 WIB

Terasjabar.id -- Warna kulit yang tidak merata merupakan salah satu permasalahan yang dialami banyak orang. Jika kamu salah satunya, maka tak perlu khawatir. Dilansir dari Colore Science, berikut sejumlah cara mudah untuk mengatasinya.

1. Membersihkan dan melembabkan setiap hari

Membersihkan dan melembabkan wajah merupakan hal wajib yang setidaknya dilakukan 2 kali sehari. Hal itu karena setiap harinya wajah akan terpapar sinar matahari yang menyebabkan kulit kusam. Aktivitas sehari-hari juga mengakibatkan kulit terkena kotoran hingga debu.

Semua hal itulah yang bisa menyebabkan kulit wajah menjadi tidak merata. Oleh karena itu, untuk mencegah kulit belang, maka kamu harus rutin membersihkan dan melembabkan wajah setiap hari.

Terkait itu, maka upayakan kamu memilih produk pembersih yang mengandung bahan hydroquinone, mulberry, asam Kojic, atau glutathione. Sebab bahan-bahan tersebut dapat membantu mencerahkan kulit dan membuatnya tampak lebih merata.

2. Facial 

Facial merupakan salah satu cara yang sangat efektif untuk memperbaiki perubahan warna dalam waktu singkat. Untuk hasil terbaik, maka kamu bisa menjadwalkan untuk datang ke dokter kecantikan setidaknya sebulan sekali.

Namun, bagi kamu yang tidak punya cukup budget untuk hal itu, maka jangan khawatir. Kamu bisa lakukan facial sendiri di rumah sehingga biayanya akan lebih hemat. Caranya, beli produk atau kamu juga bisa melakukannya dengan menggunakan bahan alami. 

Contohnya, lidah buaya. Bahan alami ini bisa membantu meredakan efek buruk dari sengatan matahari yang menyakitkan karena khasiat penyembuhan dan restoratifnya. Selain murah, cara ini juga sangat gampang kamu lakukan.

3. Eksfoliasi 

Eksfoliasi menjadi langkah penting dalam mengatasi warna kulit yang tidak merata. Hal itu karena eksfoliasi berperan dalam mengangkat sel-sel kulit mati. Kondisi inilah yang nantinya berperan untuk membantu penyerapan produk pembersih, pelembab, hingga serum. 

Oleh karena itu, pastikan kamu rutin mengeksfoliasi wajah setidaknya 2 hingga 3 kali dalam seminggu. Selain membuat kulit lebih bersih, eksfoliasi juga bisa membantu meringankan hiperpigmentasi dan menghilangkan bintik hitam pada kulit wajah.

4. Konsumsi makanan sehat

Perawatan kulit sejatinya perlu dilakukan dari dalam dan dari luar. Oleh karena itu, jangan hanya mengandalkan produk skincare saja, tetapi kamu juga harus memperhatikan segala makanan yang kamu konsumsi.

Nah, untuk membantu mempercantik kulit dan membuatnya tampak merata, maka kamu perlu hindari sejumlah makanan. Misalnya saja makanan olahan seperti roti putih, keripik, soda, dan permen.

Usahakan untuk mengonsumsi makanan yang dapat membantu meningkatkan kualitas kulit, di antaranya, sayuran hijau, buah-buahan, ikan tuna, hingga teh hijau.

Itulah sejumlah cara mudah untuk mengatasi warna kulit tidak merata. Terapkan secara rutin, ya.

Disadur dari Yoursay.id dan Suara.com 

Warna Kulit Mengatasi Tidak Merata


Loading...