Talkshow Ngobrol Pendidikan Inspiratif Bersama PGRI

Talkshow Ngobrol Pendidikan Inspiratif Bersama PGRI
Editor: Epenz Teras Kuningan —Rabu, 9 November 2022 15:27 WIB

Kuningan, Terasjabar.id - Bupati Kuningan H. Acep Purnama, SH., MH, secara resmi membuka Talkshow Ngobrol Pendidikan Inspiratif (NgoPI), yang digelar dalam rangkaian acara peringatan HUT Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) ke-77 dan Hari Guru Nasional (HGN) Tahun 2022, Rabu (9/11/2022), di GOR Ewangga Kuningan.

Pada kesempatan tersebut Bupati menyebut, Talkshow “NgoPI” merupakan bentuk pembuktian PGRI yang terus membangun negeri.

“Dalam Talkshow ini akan menghadirkan narasumber-narasumber yang kompeten dalam dunia pendidikan, dimana para narasumber akan membahas bagaimana inovasi-inovasi yang harus dilakukan para guru sebagai fasilitator pendidikan di abad 21 ini. Dan ini bentuk pembuktian bahwa PGRI terus berkontribusi membangun negeri,” ujar Bupati.

Dikatakan Bupati, guru mempunyai banyak peran dan ditutut mempunyai kemampuan yang mumpuni. Karena dalam proses kegiatan belajar mengajar, sambungnya, guru harus mampu menjadi teman belajar peserta didik.

Gambar

“Dikarenakan guru itu teman, maka seorang teman harus memahami apa yang harus dilakukan agar tujuan tercapai. Hal ini tentu berkaitan dengan generasi Z yang luar biasa kritis dan mempunyai informasi yang sangat banyak. Dan guru harus mempunyai kemampuan literasi teknologi informasi dan komunikasi yang baik. Guru juga harus mempunyai inovasi dan keterampilan berbahasa yang baik,” paparnya.

Masih ditempat yang sama Ketua PGRI Kabupaten Kuningan H. Pipin Mansur Aripin., S.Pd., M.Pd mengatakan, Sebuah dasar bagi guru dalam pendidikan inspiratif. Dimana ada kegiatan yang memantik kegiatan lainnya dalam proses pembelajaran, sehingga peserta didik mempunyai karakter dan inspiratif serta mampu membawa peserta didik bersaing

Lanjut Pipin di dengan mengutamakan pikiran yang kritis, dapat memecahkan masalah, berkomunikasi yang baik, bekerja sama dengan orang lain dan mempunyai kreativitas yang tinggi. Pendidikan inspiratif juga, merupakan muara untuk menjadi guru bermutu dalam wadah pengabdian PGRI demi Kuningan MAJU. Imbuhnya

Hadir pada pembukaan talkshow, Wakil Bupati Kuningan H. M Ridho Suganda, SH., M.Si, Sekretaris Daerah Kab. Kuningan Dr. H. Dian Rachmat Yanuar, M.Si, Forkopimda Kab. Kuningan, Pimpinan Bank BJB Kuningan, Rektor UPI Bandung, Kepala Disdikbud Kab. Kuningan, Ketua PGRI Kab. Kuningan, para Ketua PGRI Cabang se-Kab. Kuningan, serta sejumlah undangan lainnya.

Adapun pemateri pada Talkshow tersebut, Sekda Kuningan Dr. H. Dian Rachmat Yanuar, M.Si, Bunda Literasi Kab. Kuningan Hj. Ika Siti Rahmatika, SE, Rektor UPI Bandung Prof. Dr. M. Solehudin, M.Pd., MA, Wakil Rektor Bidang Akademik UNPAS Bandung Prof. Dr. Jaja Suteja, dan Kepala Disdikbud Kab. Kuningan Drs. H. Uca Somantri, M.Si. (H. Aboy)

Ngopi PGRI Talkshow Bupati Kuningan HGN 2022


Loading...