Tempe Mendoan Menjadi Ikon Google Doodle Hari Ini

Tempe Mendoan Menjadi Ikon Google Doodle Hari Ini
(Jatim Network : Google)
Editor: Epenz Teras Techno —Sabtu, 29 Oktober 2022 08:54 WIB

Terasjabar.id - Hari ini Sabtu, 29 Oktober 2022 Google memasang ikon Google Doodle tempe mendoan sebagai tampilan di laman utamanya. Jika kita klik ikon Google tersebut, akan muncul berbagai macam informasi tentang tempe. Mulai dari sejarah hingga kandungan gizinya. 

Terlihat di ilustrasi Google Doodle seorang pria yang menggoreng tempe dan wanita yang sedang menyuguhkan tempe mendoan. 

Google Doodle sendiri merupakan tampilan ilustrasi yang muncul di laman utama Google sebagai bentuk peringatan atau momen tertentu di dunia, namun sifatnya sementara dan bisa berganti-ganti setiap harinya. Tidak ketinggalan ciri khas Google Doodle yang memasang ikon doodle sesuai tema tertentu.

Informasi mengenai Google Doodle Tempe [www.google.com/doodle]
Informasi mengenai Google Doodle Tempe (sumber: www.google.com/doodle)

Berdasarkan informasi yang didapat dari www.google.com/doodle dengan judul 'Merayakan Tempe' ilustrasi doodle tempe merupakan karya Reza Dwi Setyawan yang merupakan salah satu ilustrator Indonesia asal Semarang, Jawa Tengah. 

Tempe mendoan sendiri terbuat dari tempe yang diiris tipis kemudian dibalut dengan adonan tepung encer yang ditambah dengan potongan daun bawang dan racikan bumbu. 

Tempe mendoan bisa di goreng sampai garing hingga berwarna kuning kecoklatan atau cukup di goreng sebentar di minyak panas hingga diperoleh tampilan tempe yang masih agak pucat adonan tepungnya. 

Tempe mendoan biasanya disajikan dengan cabai rawit atau sambal kecap. 

Sementara itu tempe mendoan sudah ditetapkan sebagai Warisan Budaya Takbenda Indonesia yang digelar Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi di Jakarta pada 26-30 Oktober 2021 lalu.***

Disadur dari Suara.com 

Google Doodle Tempe Mendoan Ikon


Loading...