Inilah Senpi yang Dibawa Wanita Terobos Istana Negara

Inilah Senpi yang Dibawa Wanita Terobos Istana Negara
Istimewa/Tribunnews.com -- Foto perempuan yang coba terobos Istana Presiden dengan bawa senjata api. Berikut ini fakta-fakta seorang perempuan membawa senjata api nekat menerobos Istana Presiden.
Editor: Epenz Hot News —Selasa, 25 Oktober 2022 14:26 WIB

Terasjabar.id - Seorang wanita ditangkap usai mencoba menerobos masuk ke dalam Istana Negara, Jakarta dengan membawa pistol FN. Apa itu pistol FN?

Kejadian tersebut terjadi di depan Istana Negara, Jakarta, Selasa (25/10/2022) sekitar pukul 07.00 WIB. Seorang perempuan berjalan kaki dari arah Harmoni menuju ke Jalan Medan Merdeka Utara sambil menggendong tas.

Sesampainya di depan pintu masuk Istana, wanita itu menodongkan pistol jenis FN ke anggota Paspampres yang berjaga. Akhirnya petugas langsung mengamankan wanita yang tidak diketahui identitasnya tersebut.

Aksi nekat wanita bersenpi FN itu tentu membuat publik heboh. Banyak yang penasaran, seperti apa pistol FN? Berikut ulasan selengkapnya.

Apa Itu Pistol FN?

Pistol FN adalah pistol semi otomatis produksi Fabrique Nationale d'Armes de Guerre-Herstal (FN Herstal) di Belgia. Nama pistol FN atau Five-seveN merujuk pada ukuran diameter peluru yang digunakan pistol tersebut, yakni berukuran 5,7 mm.

Pistol dengan diameter amunisi 5,7 x 28 mm ini lahir atas permintaan NATO. Kala itu, NATO menginginkan senjata api genggam yang ringan. FN Herstal mengabulkan permintaan NATO dan terciptalah pistol FN.

Dikutip dari laman Universitas Stekom, pistol ini digunakan untuk senjata perlindungan diri yang dibuat pada awal 1990. Mulanya pistol ini hanya dipakai oleh militer dan kepolisian.

Namun, pada 2004, FN Herstal memproduksi jenis pistol FN yang bisa digunakan oleh warga sipil sebagai bentuk perlindungan diri. Pistol ini juga banyak digunakan oleh pasukan elit di berbagai negara, salah satunya Indonesia.

Pistol FN memiliki banyak kesamaan dengan FN P90, mulai dari bahan senjata berupa polimer yang ringan. Beratnya hanya 617 gram tanpa magazen dan 744 gram dengan magazen. Selain itu, pistol FN juga memiliki kapasitas magazin yang besar, mudah digunakan menggunakan tangan kanan atau kiri, hingga mampu menembus baju anti peluru dengan menggunakan jenis peluru terbentuk.

Tak heran, pistol FN banyak digunakan oleh aparat penegak hukum dan menjadi salah satu senjata api favorit dengan yang paling mumpuni.

Saat peluru dimuntahkan dari pistol FN, kecepatan peluru bisa mencapai 520 hingga 650 meter per detik. Jarak efektif pistol FN mencapai 50 meter dengan jarak jangkauan 1,510 meter.

Ada beberapa varian pistol FN yang diproduksi di Belgia ini, antara lain

  • Pistol FN
  • Pistol FN Tactical
  • Pistol FN IOM
  • Pistol FN USG

Demikian ulasan mengenai apa itu pistol FN yang dibawa oleh wanita penerobos Istana Negara. Semoga ddapat menambah wawasan Anda.

Disadur dari Suara.com 

Istana Negara Pistol FN Wanita Paspampres


Loading...