Gempa Magnitudo 4,5 Mengguncang wilayah Pasaman Barat

Gempa Magnitudo 4,5 Mengguncang wilayah Pasaman Barat
Ilustrasi (Regional Kompas : Google)
Editor: Epenz Hot News —Rabu, 28 September 2022 11:36 WIB

Terasjabar.id - Gempa bumi magnitudo 4,5 mengguncang wilayah Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar) pukul 10.46 WIB, Rabu (28/9/2022).

Dari hasil analisis BMKG, gempa jenis tektonik itu terletak pada koordinat 0.17 LU dan 99.86 BT, tepatnya berlokasi di darat pada 12 Km Timur Laut Pasaman Barat pada kedalaman 10 Km.

"Memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat sesar aktif segmen Talamau," kata Kepala Stasiun Geofisika Padang Panjang, Suaidi Ahadi dalam keterangan tertulisnya.

Tak hanya di Pasaman Barat, guncangan gempa bumi itu juga terasa di Pasaman Timur II-III MMI (getaran dirasakan nyata dalam rumah seperti truk berlalu).

"Sampai kini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi itu tidak berpotensi tsunami," katanya.

Atas kejadian itu, masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Kemudian, periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal cukup tahan gempa ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa sebelum kembali ke dalam rumah.

Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id), telegram chanel (https://t.me/InaTEWS_BMKG) atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg atau infobmkg.

Disadur dari Suara.com 

Gempa Bumi BMKG Pasaman Barat Sumbar


Loading...