Wajah Berminyak ? Konsumsi Saja 7 Makanan Berikut Ini !

Wajah Berminyak ? Konsumsi Saja 7 Makanan Berikut Ini !
Beautynesia
Editor: Malda Life Style —Sabtu, 10 September 2022 10:35 WIB

Terasjabar.id - Bukan hanya jerawat, kulit wajah berminyak juga membuat tidak nyaman. Makanan enak ini ternyata bisa membantu mengatasi kulit wajah berminyak secara alami.
Permasalahan pada kulit wajah banyak macamnya dan butuh penanganan khusus. Ada yang berjerawat, kulit kering, kulit kusam atau bahkan kulit dengan kadar minyak berlebih.

Kondisi minyak berlebih seringkali menyebabkan penyumbatan pada pori-pori yang dampaknya membuat jerawat bermunculan. Minyak yang berlebih pada wajah juga banyak dikeluhkan karena mengganggu penampilan.

Ikuti INSTAGRAM Kami :







View this post on Instagram

A post shared by Teras Jabar (@terasjabar.id)

 

Tidak hanya mengatasinya dengan kertas minyak, kondisi minyak berlebih pada wajah juga bisa dikendalikan melalui asupan makanan yang tepat. Nutrisi yang terkandung dalam makanan mampu mengatasi permasalahan tersebut secara alami.

Berikut ini 7 bahan makanan yang ampuh untuk atasi wajah berminyak menurut Stylecraze (7/9):

1. Timun
Timun masuk ke dalam daftar makanan yang kaya akan kandungan airnya. Pada 100 gram timun bahkan diketahui memiliki 95,23 gram air.

Konsumsi timun dapat membantu menghidrasi tubuh dan kulit serta mendorong racun keluar dari tubuh. Hasilnya konsumsi timun secara rutin dapat berperan sebagai anti inflamasi yang ampuh untuk mencegah keluhan serius pada kulit berminyak.

2. Biji-bijian utuh
Tidak banyak yang menyadari bahwa pemilihan karbohidrat yang dikonsumsi setiap hari memengaruhi kesehatan kulit. Biji-bijian utuh seperti gandum sangat disarankan untuk mengganti asupan karbohidrat olahan yang dampaknya kurang baik untuk kesehatan kulit.

Gandum memiliki kandungan biotin dari vitamin B yang dapat membantu memproses pencernaan lemak dan mencegah inflamasi yang merusak kulit. Selain mengatasi produksi minyak berlebih, komponen vitamin pada gandum ini secara spesial juga menjaga kelembaban kulit agar tidak menjadi kering.

3. Kacang-kacangan
Kacang-kacangan mengandung komponen asam lemak omega-3 yang baik untuk menjaga kulit tetap sehat dan bersih. Kacang-kacangan memiliki komponen antiinflamasi yang membantu meningkatkan tekstur kulit.

Tetapi konsumsi kacang-kacangan tidak disarankan dalam jumlah berlebih dan maksimal cukup satu genggam sehari agar efeknya tidak berubah menjadi negatif. Konsumsi kacang-kacangan secara rutin ini juga mampu mencegah jerawat dan keluhan kulit wajah lainnya jika dilakukan secara tepat.


4. Pisang
Pisang memiliki rasa yang enak dengan komponen vitamin yang sangat lengkap di dalamnya. Ada vitamin E, fosfat hingga potasium yang dapat memberikan efek menguntungkan untuk kulit dan tubuh.
Konsumsi pisang secara rutin dapat membantu merapatkan pori-pori dan melindunginya dari kotoran dan debu yang menumpuk. Ketika kotoran berhasil dihalau masuk ke dalam pori-pori maka keluhan lanjutan dari kulit berminyak seperti komedo atau jerawat bisa dicegah lebih efektif.

Tonton Juga :



5. Alpukat
Sudah dibuktikan oleh ahli gizi, kandungan vitamin dan nutrisi yang ada pada alpukat memiliki manfaat yang baik untuk tubuh. Alpukat memiliki kandungan asam lemak yang sangat baik dan dibutuhkan oleh tubuh secara keseluruhan.


Alpukat dapat mencegah produksi minyak berlebih serta penumpukan sebum yang menyumbat pori-pori. Alpukat juga menjadi sumber asupan antioksidan karotenoid dan lutein yang baik untuk menjaga kekenyalan dan tekstur kulit wajah.

6. Bayam
Sayur-sayuran hijau seperti bayam, brokoli dan yang lainnya sama sekali tidak memiliki kadar minyak di dalamnya. Sayuran berdaun hijau ini mengandung tinggi serat yang baik untuk mengelola produksi minyak pada kulit menjadi lebih baik.

Bayam bahkan disebutkan sebagai bahan makanan yang ampuh untuk menjaga kulit dari penuaan dini. Bayam juga mengandung kadar air yang tinggi sehingga dapat mencegah kulit dehidrasi.

7. Jeruk
Kandungan vitamin C yang tinggi pada buah-buahan sudah bukan menjadi rahasia umum lagi jika memiliki manfaat yang baik untuk kulit. Salah satunya adalah jeruk yang manis dan segar dan memiliki manfaat begitu istimewa untuk kulit.

Dibalik kandungan airnya yang tinggi, jeruk juga memiliki komponen minyak alami yang cukup untuk menutrisi kulit. Sehingga kehadiran minyak alami pada jeruk ini membuat kulit tidak akan memproduksi minyak secara berlebih untuk mencegah dehidrasi.

Baca Juga :

Baca artikel detikfood, "Konsumsi 7 Makanan Enak Ini Untuk Atasi Kulit Wajah Berminyak" selengkapnya https://food.detik.com/info-sehat/d-6283382/konsumsi-7-makanan-enak-ini-untuk-atasi-kulit-wajah-berminyak.

Jerawat Kulit Berminyak viral wajah Penampilan Makanan Pengurangan minyak wajah mengurangi minyak wajah


Loading...