Berikut Beberapa Manfaat Daun Perilla untuk Kesehatan

Berikut Beberapa Manfaat Daun Perilla untuk Kesehatan
Ilustrasi (Kompas.com : Google)
Editor: Epenz Teras Health —Rabu, 7 September 2022 12:33 WIB

Terasjabar.id -- Bagi penikmat hidangan Korea mungkin sudah tidak asing lagi dengan daun yang satu ini, daun perilla. Daun perilla sering dinikmati bersama dengan daging panggang. Selain menjadi penambah cita rasa masakan, daun ini juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh, dari mengatasi alergi sampai meredakan asma.

Ingin tahu lebih lanjut tentang manfaat daun perilla ini? Ikuti penjelasan berikut, yang dirangkum dari laman alodokter.com. Nah, daun perilla sendiri juga dikenal dengan sebutan daun basil Tiongkok karena telah dibudidayakan di negeri tersebut sejak 2.000 tahun lalu. Umumnya, daun ini digunakan sebagai ramuan obat dan bahan makanan. Daun ini memiliki perpaduan rasa antara daun mint dan daun basil dengan sedikit pahit.

Ini 5 manfaat daun perilla untuk kesehatan.

1. Meredakan asma

Pertama, manfaat daun perilla bisa meredakan asma. Penelitian juga menunjukkan bahwa kandungan bahan kimia daun perilla berkhasiat untuk menghambat produksi senyawa yang memicu serangan asma dan meningkatkan fungsi paru. Tak hanya itu, manfaat daun ini juga diketahui dapat mengatasi pilek, mengencerkan dahak, serta melegakan tenggorokan.

2. Menurunkan resiko penyakit kanker

Senyawa antioksidan dan asam lemak omega-3 yang terkandung dalam daun perilla diketahui dapat menurunkan resiko terjadinya penyakit kanker, seperti kanker usus besar. Bahkan, beberapa bahan kimia yang terkandung dalam daun ini juga diketahui dapat membantu tubuh dalam melawan sel kanker.

3. Mencegah munculnya reaksi alergi

Ekstrak daun perilla juga diduga kuat dapat menghentikan produksi bahan kimia tubuh yang memicu respon alergi dan peradangan.

4. Menjaga kesehatan jantung

Ternyata, daun ini juga mengandung asam lemak tak jenuh ganda omega-6 dan omega-9. Dimana, asam lemak in diketahui dapat meningkatkan kesehatan jantung dan mencegah rheumatoid arthritis.

5. Melawan bakteri dalam tubuh

Selain kesehatan jantung, daun perilla juga diketahui menunjukkan aktivitas antimikroba yang dapat melawan bakteri penyebab gigi berlubang. 

Itulah 5 manfaat yang bisa diperoleh dari daun perilla untuk kesehatan. Namun, perlu diingat bahwa semua manfaat di atas masih membutuhkan penelitian yang lebih lanjut. Semoga bermanfaat.

Disadur dari Suara.com dan Yoursay.id

Daun Perilla Kesehatan Manfaat


Loading...