Berikut Beberapa Manfaat Konsumsi Buah Naga Putih untuk Para Ibu Hamil

Berikut Beberapa Manfaat Konsumsi Buah Naga Putih untuk Para Ibu Hamil
Ilustrasi (Alodokter : Google)
Editor: Epenz Teras Health —Selasa, 6 September 2022 14:45 WIB

Terasjabar.id -- Seperti yang banyak dijumpai di pasaran, buah naga ada dua jenis yaitu daging berwarna putih dan merah. Ternyata, buah ini masih tergolong dalam golongan kaktus, lho! kulitnya yang tampak bersisik dan berwarna merah muda serta daging buah didalamnya yang berwarna putih, membuat buah naga putih tampak seperti percampuran antara buah kiwi, pir, dan semangka.

Ada banyak nutrisi yang terkandung dalam buah naga. Salah satunya bisa membantu ibu hamil melalui masa kehamilannya dengan sehat dan kuat. Lalu, bagaimana manfaat buah naga putih bagi ibu hamil secara spesifiknya? Yuk, simak!

1. Sel Tubuh Bisa Terjaga dan Terlindungi

Menurut dr. Sienny Agustin dalam ulasan alodokter.com, janin pada ibu hamil sangat membutuhkan vitamin C untuk melindungi dan menjaga kesehatan sel serta membantu membentuk kolagen di dalam tubuh seperti tulang, otot, kulit dan pembuluh darah. Buah naga putih memiliki kandungan vitamin C.

Akan tetapi, para ibu yang sedang menjalani masa kehamilan harus tetap bijak dalam mengonsumsi vitamin C. Sebab, jika terlalu banyak mengonsumsi vitamin C selama kehamilan maka bisa meningkatkan risiko kelahiran prematur.

2. Mendorong Tumbuh Kembang Otak Pada Janin 

Menurut dr. Meva Nareza dalam alodokter.com, antioksidan dan tiamin yang dibutuhkan untuk membantu perkembangan otak janin ada di dalam kandungan buah naga putih. Tak hanya itu, buah naga memiliki kandungan riboflavin yang bisa mendorong tubuh untuk menghasilkan energi serta mendukung pertumbuhan tulang, otot, dan saraf sang Buah Hati.

3. Terhindar dari Sembelit

Buah naga putih bisa mencegah terjadinya sembelit selama masa kehamilan dan mendorong tubuh mengeluarkan racun. Dalam ulasan halodoc.com, dr. Fadli Rizal Makarim menganjurkan bagi ibu hamil sebaiknya mengonsumsi 25–30 gram serat per hari.

4. Bisa Cegah Anemia Pada Ibu Hamil

Menurut dr. Fadli Rizal Makarim, zat besi pada buah naga bisa pertumbuhan janin, meningkatkan sistem kekebalan pada tubuh dan mencegah terjadinya anemia.

Ibu hamil membutuhkan setidaknya 27 mg zat besi per hari. Para bunda bisa mencukupi kebutuhan nutrisi ini dengan rutin mengonsumsi buah naga. Apabila para bunda yang sedang hamil berada dalam kondisi kekuranhan zat besi maka akan menyebabkan bayi terlahir prematur dan berat badan bayi rendah.


Disadur dari Yoursay,id dan Suara.com 

Buah Naga Putih Kesehatan Manfaat Ibu Hamil


Loading...