Bila Mata Kering Jangan Kompres Dengan Air Dingin Tapi Gunakan Air Hangat, Benarkah ?

Bila Mata Kering Jangan Kompres Dengan Air Dingin Tapi Gunakan Air Hangat, Benarkah ?
K24Klik
Editor: Malda Life Style —Selasa, 6 September 2022 09:36 WIB

Terasjabar.id - Meski umumnya ringan, mata kering (xerophthalmia) bisa menjadi kondisi yang sangat mengganggu bagi penderitanya. Tidak jarang, mata kering membuat mata menjadi merah, terasa perih, panas, mengganjal, berair, lebih sensitif terhadap cahaya, fungsi penglihatan menurun, mudah terasa pegal, pusing, hingga mengganggu penderitanya dalam beraktifitas, berkonsentrasi, dan menjadi mudah mengantuk. Kondisi ini bisa muncul akibat dilandasi beragam faktor, di antaranya:

Ikuti INSTAGRAM Kami :




  • Produksi air mata yang berkurang, misalnya akibat penuaan, kerusakan kelenjar air mata (seperti karena peradangan atau efek samping radiasi), efek samping obat (seperti antihistamin, dekongestan, obat hormonal, antidepresan, anti hipertensi, anti jerawat, pil KB), atau penyakit lain (seperti diabetes, rheumatoid arthritis, lupus, kelainan kelenjar tiroid, defisiensi vitamin A)
  • Peningkatan penguapan (evaporasi) air mata, misalnya akibat pajanan angin, asap, atau udara kering di lingkungan, jarang berkedip, atau juga akibat gangguan pada kelopak mata (seperti akibat entropion atau ectropion)
  • Ketidakseimbangan komposisi air mata (antara minyak, air, dan lendir), misalnya karena tersumbatnya kelenjar minyak di sekitar mata (seperti karena blefaritis, hordeolum, atau rosacea), dan sebagainya

Kompres dengan air hangat pada penderita mata kering dilakukan untuk meminimalisasi peradangan pada mata, sekaligus meningkatkan kelembabannya. Kompres menggunakan air dingin justru bisa membuat kelembaban pada mata berkurang sehingga mengakibatkan keluhan bukannya membaik, melainkan sebaliknya.

Selain itu, kompres dengan air hangat juga bisa memaksimalkan kerja kelenjar minyak yang ada di sekitar kelopak mata sehingga secara tidak langsung mengurangi kekeringan di mata Anda. Tidak ada aturan khusus berkaitan dengan durasi, frekuensi, dan kapan semestinya kompres hangat ini dilakukan. Namun, Anda bisa menggunakan handuk bersih yang dibasahi dengan air hangat saat melakukannya. Lakukan sekitar 15 hingga 30 menit diulangi beberapa kali dalam sehari hingga mata terasa lebih nyaman. Lakukan juga cara ini sekaligus untuk membersihkan sekret yang umumnya keluar dari mata saat terjadi kekeringan. Tidak lupa juga untuk mencuci tangan Anda sebelum dan setelah melakukan tindakan ini.

Tonton Juga :

Selain kompres mata dengan air hangat, beberapa langkah berikut perlu juga Anda lakukan agar mata tidak menjadi kering:

  • Tidak meniup mata
  • Bila udara di lingkungan tempat tinggal Anda sedang kering, gunakan air humidifier
  • Gunakan kacamata agar mata terlindung dari asap, angin, atau polutan lainnya
  • Tidak dulu beraktifitas berlebihan dengan mata, misalnya membaca tulisan kecil atau menatap gadget terlalu lama
  • Teteskan artificial tears agar mata menjadi lebih lembab
  • Jangan merokok
  • Jangan mengucek-ngucek mata

Apabila dengan langkah di atas keluhan masih belum membaik, jangan segan memeriksakan diri langsung ke dokter atau dokter spesialis mata supaya diberikan tatalaksana yang terbaik ya. 

Baca Juga :

(Sumber: Alodokter) 


Mata Kering Viral Kompres Air Dingin Rokok Asap Viral Radiasi


Loading...