Berikut Beberapa Makanan yang Bisa Menambah Trombosit dalam Tubuh

Berikut Beberapa Makanan yang Bisa Menambah Trombosit dalam Tubuh
Ilustrasi (Orami : Google)
Editor: Epenz Teras Health —Rabu, 27 Juli 2022 13:05 WIB

Terasjabar.id -- Trombosit merupakan salah satu komponen darah yang berperan dalam pembekuan darah. Seseorang yang memiliki kadar trombosit rendah, bisa jadi karena penyakit tertentu, seperti DBD. Perlu diketahui, bahwa trombosit rendah dapat menyebabkan pendarahan. 

Nah, selain perawatan medis dari dokter, ada sejumlah makanan dan minuman yang dapat menjadi penambah trombosit secara alami. Nah, berikut enam makanan yang bisa menambah trombosit, seperti dirangkum dari laman sehatq.com.

1. Hati sapi

Hati sapi diketahui dapat menjadi salah satu makanan penambah trombosit. Pada hati sapi, terkandung sejumlah mineral seperti zinc, zat besi, fosfor, selenium, dan tembaga.

Selain itu, kandungan zat besi, vitamin B12, dan folat pada hati sapi juga baik untuk meningkatkan produksi hemoglobin serta sel darah yang sehat.

2. Telur

Telur adalah makanan yang menjadi salah satu sumber vitamin A, B, E, dan K yang baik untuk kesehatan tubuh. Selain itu, telur juga menjadi makanan penambah trombosit. Telur mengandung vitamin B12 yang dapat membantu menjaga kesehatan sel darah.

3. Kacang tanah

Tak disangka, ternyata kacang tanah juga menjadi makanan penambah trombosit. Kacang tanah diketahui mengandung folat yang bermanfaat untuk pembentukan sel darah merah dan trombosit.

4. Daging sapi

Selain menjadi sumber protein yang baik, daging sapi juga mengandung vitamin B12 dan menjadikan daging sapi dapat menaikkan trombosit.

Vitamin B12 penting dalam pembentukan sel darah, otak, dan sistem saraf. Selain itu, kandungan zinc, zat besi, dan vitamin B6 juga bermanfaat untuk pertumbuhan, pembentukan sel darah, serta metabolisme energi.

5. Sayuran hijau

Ada banyak sekali jenis sayuran hijau yang dapat kita temui. Misalnya saja seperti bayam, brokoli, kale, sawi, dan kubis yang bisa menjadi makanan penambah kadar trombosit yang rendah.

Sebaiknya, kamu pilih sayuran hijau yang mengandung folat, vitamin C, zat besi, dan vitamin K untuk menambah trombosit dalam darah.

6. Kedelai

Selain kacang tanah, kacang kedelai juga dapat menambah trombosit dalam darah. Selain menjadi sumber protein nabati, kedelai juga mengandung vitamin C, folat, dan vitamin K yang penting untuk pembekuan darah serta kesehatan tulang.

Disadur dari Suara.com 

Trombosit Makanan Minuman Kesehatan Komponen Darah


Loading...