INGAT ! Jangan Lakukan Hal Ini di Hari Jumat, Jual Beli saat hari Jumat Dilarang ? Begini Penjelasannya

INGAT ! Jangan Lakukan Hal Ini di Hari Jumat, Jual Beli saat  hari Jumat  Dilarang ? Begini Penjelasannya
Masya Allah! Ternyata Ini 6 Keutamaan Berbagi Makanan di Hari Jumat Foto: Getty Images/hxyume
Editor: Malda Life Style —Jumat, 15 Juli 2022 09:29 WIB

Terasjabar.id – Ada beberapa amalan istimewa yang Rasulullah SAW anjurkan untuk dikerjakan pada hari Jumat. 

Salah satu amalan istimewa di Hari Jumat yaitu mandi dan memakai wangi-wangian sebelum berangkat menuju ke masjid untuk melakukan shalat Jumat. 


Namun ternyata ada juga hal yang dilarang Rasulullah SAW untuk dikerjakan pada hari Jumat. 

Apa sajakah hal itu? Berikut ini empat hal yang dilarang Rasulullah pada hari Jumat :

1. Meninggalkan Shalat Jumat

Ikuti INSTAGRAM Kami :



Shalat Jumat adalah merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan oleh seorang muslim laki-laki yang sudah balig. 

Kewajiban tersebur didasarkan pada surat Al-Jumu‘ah ayat 9 yang menuntut umat Islam untuk menghadiri panggilan Jumat.


يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا نُودِيَ لِلصَّلَاةِ مِنْ يَوْمِ الْجُمُعَةِ فَاسْعَوْا إِلَى ذِكْرِ اللَّهِ وَذَرُوا الْبَيْعَ ذَلِكُمْ خَيْرٌ لَكُمْ إِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُونَ

Artinya: Wahai orang yang beriman, bila diseru shalat pada hari Jumat, maka bersegeralah menuju zikrullah (shalat Jumat) dan tinggalkan aktivitas jual-beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahuinya. (Surat Al-Jumu‘ah ayat 9).

Maka dari itu, meninggalkan shalat jumat tanpa adanya udzur syari sebanyak tiga kali, menurut Rasulullah mereka telah tertulis sebagai orang kafir nifaq/munafiq.

Sebagaimana hadits Rasulullah SAW:

“Siapa saja yang meninggalkan tiga kali ibadah shalat Jumat tanpa uzur, niscaya ia ditulis sebagai orang kafir nifaq/munafiq”. (HR At-Thabarani) 

2. Berpuasa Ketika Hari Jumat

Hari Jumat dalam islam merupakan hari raya bagi kaum Muslimin. Dan terdapat sebuah larangan untuk berpuasa ketika hari raya bagi setiap muslim.

Dalam hadits riwayat Ibnu Abbas dijelaskan, Rasulullah SAW berkata, “Ini (Jumat) adalah hari Id yang dijadikan Allah SWT untuk kaum Muslimin,” (HR Al-Thabarani).


Maka dari itu, menurut sebagian ulama, melakukan puasa pada hari Jumat dimakruhkan karena hari tersebut dianggap sebagai hari raya.

Kemakruhan puasa di hari Jumat ini berlaku bila sebelum atau sesudahnya tidak puasa. Pendapat ini merujuk pada sabda Rasulullah SAW riwayat Abu Hurairah. 

“Janganlah kalian puasa hari Jumat melainkan puasa sebelum atau sesudahnya,” (HR Al-Bukhari).

Tonton dan SUBSCRIBE :

3. Melakukan Jual Beli

Jual beli dalam islam pada dasarnya adalah kegiatan yang diperbolehkan selama jual beli yang dilakukan tidak bertentang dengan syariat islam. 

Namun kegiatan jual beli ini dapat menjadi haram jika dilakukan ketika shalat Jumat. Hal tersebut sesuai dengan firman Allah SWT dalam surat Al-Jumu’ah ayat 9 yang artinya :

“Wahai orang-orang yang beriman! Apabila diseru untuk melaksanakan sholat pada hari Jumat, maka segeralah kamu mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.” (QS : Al-Jumuah ayat 9).

4. Berbicara saat khatib sedang khutbah

Sebagaimana Imam Ahmad rahimahullah mengatakan, telah menceritakan kepada kami Ibnu Namir, dari Mujalid, dari Asy-Syabi, dari Ibnu Abbas yang telah mengatakan bahwa Rasulullah Saw. pernah bersabda: Barang siapa yang berbicara pada hari Jumat, padahal imam sedang berkhotbah, maka perumpamaannya sama dengan keledai yang memikul kitab-kitab yang tebal. Dan orang yang berkata kepadanya, "Diamlah!" Maka tiada (pahala) Jumat baginya. 

Itulah 4 hal yang dilarang Rasulullah pada hari Jumat, semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi kita semua. 

Baca Juga :

Makan Jajanan Dengan Nitrogen Cair, Bocah Ini Terbakar Sekujur Tubuh Begini Ceritanya



(Sumber :bicarajabar.com)

Jumat hari Jumat Raasulullah SAW Shalat Jumat Laki laki


Loading...