Eks Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe Ditembak Orang tak Dikenal, Pelaku Telah Diamankan

Eks Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe Ditembak Orang tak Dikenal, Pelaku Telah Diamankan
(CNN International : Google)
Editor: Epenz Teras Viral —Jumat, 8 Juli 2022 13:16 WIB

Terasjabar.id - Mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe ditembak orang tak dikenal di bagian dada sebelah kiri. Ia ditembak saat tengah berpidato untuk kampanye kandidat anggota majelis tinggi dari Partai Demokratik Liberal di Kota Nara, Jepang, Jumat (8/7/2022). 

Menurut laporan TBS Television, Abe terkena tembakan di bagian kiri dadanya dan tampaknya juga di bagian leher.

Stasiun penyiaran NHK mengatakan bahwa Abe tampaknya ditembak dengan senapan dari belakang oleh seorang pria. Abe mengalami pendarahan akibat serangan penembakan tersebut.

Seorang wartawan NHK melaporkan dari lokasi kejadian bahwa mereka mendengar dua tembakan berturut-turut saat Abe berpidato.

Kantor berita Kyodo mengatakan jantung Abe tampaknya berhenti berdetak ketika tokoh berusia 67 tahun itu dilarikan ke rumah sakit.

Sementara itu, Kepala Sekretaris Kabinet Jepang Hirokazu Matsuno mengungkapkan kalau dirinya tidak mengetahui kondisi Abe. Ia sempat menerangkan kalau Abe tertembak pada sekitar pukul 11.30 waktu setempat atau pukul 09.30 WIB.

"Aksi barbar itu tidak bisa diterima," kata Matsuno saat konferensi pers.

Polisi telah mengamankan pelaku penembakan dengan tuduhan percobaan pembunuhan. Pelaku adalah seorang pria berusia 40-an dan belum diketahui identitasnya.

Menurut laporan NHK, pelaku menjalani pemeriksaan. Polisi telah menyita sebuah senjata dari lokasi pelaku ditangkap.

Adapun lokasi kejadian berada di dekat Stasiun Yamatosaidaiji.

Abe menjabat perdana menteri selama dua periode dan menjadi perdana menteri dengan masa jabatan terpanjang. Ia mengundurkan diri sebagai perdana menteri pada 2020 karena kondisi kesehatan.(*)

Sumber : Suara.com


Mantan PM Jepang Shinzo Abe Penembakan


Loading...