Inilah 3 Manfaat Jus Seledri untuk Kesehatan, Salah Satunya Mencegah Penyakit Kronis

Inilah 3 Manfaat Jus Seledri untuk Kesehatan, Salah Satunya Mencegah Penyakit Kronis
Ilustrasi (Tribunstyle.com : Google)
Editor: Epenz Life Style —Senin, 4 Juli 2022 13:27 WIB

Terasjabar.id -- jus buah-buahan itu sudah biasa, maka bagaimana jika kita beralih menuju jus sayuran? Pernah mencobanya? Rasanya Seenak jus buah - buahan ?

Jika penasaran, maka kita dapat mencoba untuk meminum jus sayuran yang satu ini. Iya, jus seledri. Salah satu jenis sayuran hijau yang biasanya digunakan untuk memperindah tampilan suatu makanan.

Lalu, apakah ada manfaat dari jus seledri? Tentu ada. Walau kebanyakan orang menganggap bahwa seledri tidak kaya akan nutrisi bagi kesehatan seperti yang dipaparkan oleh Cynthia Sass, MPH, RD, yang merupakan seorang ahli gizi sekaligus penulis. Padahal, sebenarnya seledri mempunyai banyak kandungan nutrisi yang bagus untuk kesehatan tubuh, seperti vitamin A, vitamin C, vitamin K, asam folat, zat besi, antioksidan, dan masih banyak lagi.

Baca Juga :



Tak hanya itu, seledri juga rendah akan kalori yang menjadikan jus seledri dapat dijadikan pengganti minuman olahraga para atlet yang biasanya diminum sebelum latihan. Jus seledri terbukti dapat membantu meningkatkan daya tahan serta kekuatan tubuh kita saat berolahraga. Selain itu, jus seledri juga mempunyai 3 manfaat lain yang didapat dari batang serta daunnya. Merangkum dari hellosehat.com, berikut ulasannya.

1. Dapat membantu mencegah risiko penyakit kronis

Salah satu sumber flavonoid yang merupakan jenis antioksidan ini ialah pada sayuran seledri. Menurut sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2014, kandungan flavonoid yang ada pada sayur seledri ternyata memiliki potensi untuk mencegah risiko terkena penyakit kronis, terutama pada penyakit hati, jantung, dan ginjal. Namun, untuk hal ini, diperlukan penelitian lebih lanjut untuk menguatkan bahasan studi ini.

Follow Juga :



2. Dapat membantu melawan peradangan dalam tubuh

Seperti yang telah dijelaskan pada poin pertama, kita dapat menemukan kandungan flavonoid di dalam seledri. Selain dapat membantu mencegah risiko penyakit kronis, flavonoid dalam seledri juga dapat membantu melawan peradangan dalam tubuh akibat radikal bebas.

Sebab, apabila tidak dilawan dan terus dibiarkan, radikal bebas ini bisa saja menyebabkan kerusakan pada sel-sel sehat serta DNA yang kemudian menyebabkan gangguan kesehatan di dalam tubuh. Selain itu, flavonoid juga bisa membantu tubuh menyerap vitamin C yang kemudian dapat meningkatkan stamina di dalam tubuh.


3. Dapat meminimalisir efek samping dari kemoterapi

Ada sebuah penelitian yang mengemukakan bahwa apabila jus seledri dikonsumsi bersamaan dengan obat kemoterapi doxorubicin, maka jus ini dapat membantu mencegah kerusakan akibat serangan radikal bebas yang disebabkan oleh sel kanker. Akan tetapi, tetap butuh konsultasi terlebih dahulu dari dokter apabila kita ingin mengonsumsi jus seledri selama dalam masa kemoterapi

Tonton dan SUBSCRIBE Juga :

.

Itulah tiga manfaat jus seledri yang baik untuk kesehatan. Akan tetapi, tetaplah selingi meminum jus seledri dengan makan sayur seledri dalam bentuk utuhnya agar nutrisi yang ada di dalam sayur dapat lebih optimal. Semoga artikel ini bermanfaat.


Disadur dari Yoursay.id dan Suara.com 

Sayuran Jus Seledri Manfaat Kesehatan


Loading...