Inilah Beberapa Manfaat Kedelai Muda untuk Ibu Menyusui

Inilah Beberapa Manfaat Kedelai Muda untuk Ibu Menyusui
(Liputan6.com : Google)
Editor: Epenz Teras Health —Kamis, 30 Juni 2022 13:22 WIB

Terasjabar.id - Kedelai muda yaitu jenis polong-polongan memiliki segudang manfaat untuk kesehatan.

Kedelai muda memiliki warna hijau yang dipanen sebelum matang atau mengeras, dapat diolah menjadi camilan.

Katherine Marengo LDN, R.D seorang ahli gizi klinis menerangkan kepada Medical News Today, edamame memiliki tekstur yang lembut dan cocok dikonsumsi selama menyusui.

Sayangnya, edamame dapat memicu alergi makanan. Jadi sebelum mengonsumsinya, pastikan ibu dan bayi tidak memiliki reaksi alergi dari produk kedelai.

Berikut 8 manfaat edamame untuk ibu menyusui:

1. Menghambat pengeroposan tulang

Bunda dapat kehilangan massa tulang selama menyusui karena memproduksi lebih sedikit estrogen, yang merupakan hormon untuk melindungi tulang.  Tak hanya itu, kebutuhan bayi akan kalsium juga akan diambil dari tulang ibunya.

Pengeroposan tulang ini dapat dihambat dengan makan edamame karena mengandung kalsium. 

Beberapa penelitian menemukan, konsumsi produk kedelai yang mengandung isoflavon dapat menurunkan risiko osteoporosis pada wanita yang menopause dan pasca menopause.

2. Menurunkan kolesterol

Edamame bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung karena mengandung serat dan antioksidan. 

Beberapa ahli juga menemukan bukti bahwa protein dalam kedelai memiliki sifat yang dapat menurunkan low-density lipoprotein (LDL) atau kolesterol jahat dalam darah.

3. ASI booster

Edamame mengandung nutrisi lengkap yang dibutuhkan Bunda selama menyusui. Dengan makan edamame, produksi ASI juga akan meningkat karena jenis polong-polongan ini mengandung protein yang tinggi.

Selain itu, kandungan asam folat yang terkandung di dalam edamame akan diserap ke dalam ASI, sehingga membuat ASI lebih berkualitas.

4. Tidak menaikkan kadar gula

Manfaat edamame yang penting hampir sama sekali tidak akan menaikkan kadar gula secara drastis, terutama pada ibu yang telah memiliki kadar gula yang tinggi sebelumnya.

Edamame sangat rendah karbohidrat, juga kaya akan protein. Jenis kacang-kacangan ini dikenal karena rendah indeks glikemi, sehingga cocok untuk dijadikan camilan menyusui.

5. Menambah energi

Selama menyusui, sebaiknya Bunda mengonsumsi makanan yang kaya protein untuk menambah energi. 

Edamame kaya akan protein, sehingga dapat membantu ibu kembali bugar dan menghilangkan rasa lelah yang berlebihan.

6. Mencegah depresi

Depresi dan stres dapat muncul di awal menyusui. Ibu dapat mencegah tanda-tanda ini dengan mengonsumsi makanan sehat, seperti edamame.

Beberapa penelitian telah mengaitkan kadar asam folat yang rendah dengan terjadinya depresi. 

Bila kandungan asam folat yang diasup sesuai, maka risiko depresi dapat ditekan dengan cara menghentikan zat yang disebut homosistein terbetuk di dalam tubuh.

"Tingkat homosistein yang tinggi dapat mencegah darah dan nutrisi lain mencapai otak, serta bisa mengganggu produksi hormon serotonin, yakni hormon yang mengatur mood, tidur, dan nafsu makan," ujar Marengo.

7. Mencegah dan mengatasi peradangan

Menurut studi tahun 2012 yang diterbitkan dalam Journal of the Academy of Nutrition and Dietetics, mereka yang mengonsumsi banyak produk kedelai akan memiliki tingkat peradangan yang lebih rendah dalam darah dibandingkan yang tidak.

Edamame mengandung nutrisi yang mirip dengan vitamin B. Kandungan nutrisi ini berkontribusi terhadap kesehatan otot.

8. Menjaga daya tahan tubuh

Edamame juga dapat mendukung sistem kekebalan tubuh atau imunitas. Edamame mengandung copper sekitar 60 persen dari kebutuhan harian yang direkomendasikan.

Copper dikenal sebagai nutrisi yang dapat membantu sistem kekebalan bekerja secara optimal. 

Selain itu, edamame juga mengandung fitoestrogen yang dapat mencegah kanker atau penyakit tertentu.

Disadur dari Suara.com 

Kedelai Muda Edamame Kesehatan Ahli Gizi


Loading...