12.000 Sapi Terpapar PMK Jangan Takut Daging Dan Susu Sapi Bisa Dikonsumsi

12.000 Sapi Terpapar PMK Jangan Takut Daging Dan Susu Sapi Bisa Dikonsumsi
Editor: Epenz Teras Kuningan —Rabu, 15 Juni 2022 10:03 WIB

Kuningan, Terasjabar.id - Sedikitnya 64 ekor Sapi mati dan 12.000 ekor Sapi terjangkit penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di wilayah kabupaten Kuningan, sejak wabah PMK melanda di daerah ini beberapa bulan yang baru lalu.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Peternakan&Perikanan Kuningan Drs H Dadi Hariadi, M.Si didampingi Kabid Peternakan dan drh Rofiq saat diwawancarai terasjabar. id diruang kerjanya, Senin (13/6/2022).

Penyakit PMK merambah di lingkungan peternakan khususnya kelompok ternak Sapi blok Cigereung wilayah kelurahan Cigugur., terang H. Dadi Hariadi.

Kepala dinas mengatakan melalui dr Rofiq bahwa kuningan sudah mencapai 12000 ekor sapi yang terjangkit dan yang sudah mati mencapai 64 ekor, ujarnya.

Lanjut Dr. Rofiq mengatakan jangan khawatir susu dan daging yang terjangkit masih dapat dikonsumsi dan tidak berpengaruh pada kesehatan manusia ungkapnya. Kebanyakan warga khawatir dengan daging yg akan dikonsumsi akibat terjangkit PMK penyakit mulut dan kuku apalagi sebentar lagi menghadapi idul qurban. Paparnya

Dr. Ropiq berharap vaksinasi untuk sapi khususnya dapat cepat dilakukan oleh pemerintah pusat untuk menekan penularan sehingga dapat menyembuhkan sapi yang terjangkit. Rencana minggu sekarang vaksin untuk antisifasi terjangkitnya penyakit PMK akan disalurkan ke kabupaten kuningan,. Imbuhnya. (H. Aboy)

PMK Sapi Daging Susu Kuningan


Loading...