Dinas Peternakan Semprotkan Disinfeksi di Kandang Sapi, AntisipasiPenyakit Mulut dan Kuku Sapi di Cianjur

Dinas Peternakan Semprotkan Disinfeksi di Kandang Sapi, AntisipasiPenyakit Mulut dan Kuku Sapi di Cianjur
Tribun Jabar/ Ferri Amiril Mukminin -- Petugas pusat kesehatan hewan menyemprot kandang sapi sebagai langkah desinfeksi di kawasan kandang
Editor: Epenz Hot News —Kamis, 12 Mei 2022 14:04 WIB

Terasjabar.id - Dinas Peternakan Kabupaten Cianjur melakukan disinfeksi di kandang-kandang sapi untuk mengantisipasi munculnya penyakit mulut dan kuku yang saat ini sudah masuk wilayah Jawa Barat.

Desinfeksi dilakukan oleh petugas dari pusat kesehatan hewan yang dibagi ke dalam tiga wilayah yakni Cipanas, Sukanagara, dan Sindangbarang.

Medic Veteriner Dinas Peternakan Kabupaten Cianjur, drh Kharisudin, mengatakan bahwa disinfeksi dilakukan untuk membunuh bakteri dan virus yang bisa saja menjadi bibit dari penyakit mulut dan kuku yang bisa menjangkiti hewan sapi.

"Kami terjunkan personel dari pusat kesehatan hewan, ada tiga wilayah dan masing-masing pusat kesehatan hewan ini membawahi 10 kecamatan," ujar Kharisudin di Cianjur, Kamis (12/5/2022).

Ia mengatakan, langkah disinfeksi merupakan langkah pencegahan selain dari memperketat masuknya hewan terutama dari daerah yang sudah positif terinfeksi penyakit mulut dan kuku.

"Kami terima kabar akhir pekan lalu bahwa empat daerah di Jawa Timur sudah positif hewannya memiliki penyakit mulut dan kuku," katanya.

Berangkat dari hal tersebut pihaknya langsung mengerahkan semua personel termasuk rumah potong hewan dan para pedagang di pasar agar waspada hewan sapi berpenyakit mulut dan kuku.

"Kami juga mengawasi rumah potong hewan dan para pedagang agar terus berkoordinasi jika menemukan hewan yang memiliki penyakit mulut dan kuku," katanya.



Artikel ini telah tayang di TribunJabar.id dengan judul Dinas Semprotkan Disinfeksi di Kandang Sapi, AntisipasiPenyakit Mulut dan Kuku Sapi di Cianjur, https://jabar.tribunnews.com/2022/05/12/dinas-semprotkan-disinfeksi-di-kandang-sapi-antisipasipenyakit-mulut-dan-kuku-sapi-di-cianjur.
Penulis: Ferri Amiril Mukminin | Editor: Seli Andina Miranti

Dinas Peternakan Kabupaten Cianjur Jabar Penyakit Mulut dan Kuku


Loading...