Soal WFH Permanen ASN di Jabar, Ini Kata Sekda Kabupaten Sukabumi

Soal WFH Permanen ASN di Jabar, Ini Kata Sekda Kabupaten Sukabumi
Tribun Jabar/ M Rizal Jalaludin -- Sekda Kabupaten Sukabumi, Ade Suryaman
Editor: Epenz Hot News —Kamis, 12 Mei 2022 11:08 WIB

Terasjabar.id - Pernyataan mengejutkan diungkapkan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, saat menjadi pembina apel pagi pada hari pertama masuk kerja usai libur Lebaran di kantor Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Jabar, Senin (9/5/2022) lalu.

Pemprov Jabar, ujarnya, sedang mengkaji penerapan secara permanen sistem kerja dari rumah (work from home/WFH) bagi aparatur sipil negara (ASN).

"BKD tengah memetakan mana ASN yang harus WFH dan mana yang harus tetap kerja ke kantor, dan apa saja kerja-kerja yang bisa WFH 100 persen," kata Emil.

"Nanti kita akan jadikan sebuah pola baru," ujarnya.

Emil, mengatakan, untuk pekerjaan-pekerjaan yang bisa diselesaikan secara daring, maka ASN tidak perlu lagi saling bertemu.

"Contohnya, kalau di zoom bisa beres, ngapain harus ketemu? Nanti itu jadi sebuah prosedur. Ngapain [ASN] dari 27 kabupaten/kota bertemu di Bandung atau di mana, kalau via zoom saja sudah beres? Itu akan diklasifikasi contoh-contoh yang permanen urusan oleh digital," katanya.

Menanggapi wacana WFH permanen bagi ASN, Sekda Kabupaten Sukabumi, Ade Suryaman mengatakan, surat edaran WFH sudah pernah dikeluarkan melalui Kementerian Dalam Negeri ketika posisi Kabupaten Sukabumi di level 2 PPKM.

"Kan gini surat edaran sudah dikeluarkan tentang soal WFH, apalagi kalau kita kaitkan dengan Covid-19, kita Kabupaten Sukabumi level dua lagi, berarti kan harus adanya WFH, tapi kita lihat saja, tetapi itu inti dari surat edarannya dari Kementrian diserahkan kepada pejabat pembina kepegawaian dalam hal ini pak Bupati," ujarnya saat ditemui di kantor Setda, Rabu (11/5/2022) kemarin.

Terkait pernyataan Ridwan Kamil itu menurutnya masih belum ada keputusan resmi.

Saat ini kondisi Covid-19 di Kabupaten Sukabumi sudah landai, sebab itu keputusan WFH atau tidak dikembalikan kepada pejabat pembina kepegawaian yakni Bupati Sukabumi.

"Kalau kemarin misalnya sepertinya dari yang banyak mudik diharapkan mungkin jangan terjadi ada peningkatan Covid lagi, tetapi untuk WFH secara keseluruhan nanti kita lihat, itu belum ada keputusan, tapi kalau di Sukabumi sekarang sudah landai situasinya, WFH diperlukan atau tidaknya nanti pejabat pembina kepegawaian," jelasnya.*



Artikel ini telah tayang di TribunJabar.id dengan judul Soal WFH Permanen ASN di Jawa Barat, Ini Kata Sekda Kabupaten Sukabumi, https://jabar.tribunnews.com/2022/05/12/soal-wfh-permanen-asn-di-jawa-barat-ini-kata-sekda-kabupaten-sukabumi.
Penulis: M RIZAL JALALUDIN | Editor: Seli Andina Miranti

Gubernur Jabar Ridwan Kamil BKD Jabar WFH ASN


Loading...