Dari Suga BTS hingga Hwasa MAMAMOO, PSY Ungkap Alasan Kerap Berkolaborasi dengan Artis Muda

Dari Suga BTS hingga Hwasa MAMAMOO, PSY Ungkap Alasan Kerap Berkolaborasi dengan Artis Muda
(Pikiran Rakyat.com : Google)
Editor: Epenz K-Pop —Sabtu, 30 April 2022 12:01 WIB

Terasjabar.id - Sepanjang kariernya, PSY dikenal sering berkolaborasi dengan beberapa artis K-pop paling hot! 

Dari HyunA hingga Son Naeun, PSY selalu bekerja dengan bakat baru yang segar untuk menciptakan mahakarya yang luar biasa.

PSY adalah salah satu artis senior yang berhasil membuat K-pop lebih diakui dikancah industri musik global. Lagu hitnya 'Gangnam Style' benar-benar sebuah terobosan yang besar di industri K-pop.

Pada 21 Desember 2012, musik video 'Gangnam Style' telah melampaui satu miliar penayangan di YouTube, menjadi video pertama yang melakukannya dalam sejarah platform tersebut. Psy kemudian diakui oleh media sebagai Raja YouTube.

Pada bulan Desember 2012, MTV mencatat kebangkitan PSY dari yang awalnya tidak terlalu terkenal di luar Korea Selatan, menjadi dipuji sebagai 'Bintang Viral 2012.'

Pada tanggal 31 Desember 2012, PSY bahkan tampil dalam perayaan Malam Tahun Baru yang disiarkan secara global di televisi dengan rapper Amerika MC Hammer di atas panggung di depan penonton langsung lebih dari satu juta orang di Times Square, New York City.

PSY awalnya debut sebagai penyanyi solo YG Entertainmet, namun setelah kepergiannya dari agensi tersebut pada tahun 2018, ia mendirikan perusahaan agensinya sendiri, P Nation, pada tahun 2019. Terakhir kali PSY melakukan comeback adalah pada tahun 2017 lalu, saat ia merilis album 'PSY 8th 4X2 = 8.'

Setelah sekalian lama, PSY akhirnya comeback dengan album baru tahun ini. Pada Jumat (29/4/2022), Koreaboo melaporkan jika PSY telah mengadakan konferensi pers untuk perilisan album barunya, 'Psy 9th'.

Selama konferensi pers tersebut PSY mengungkapkan alasan di balik mengapa dia selalu berkolaborasi dengan artis yang lebih muda.


PSY menjelaskan bahwa sebagai artis veteran, dia percaya dia harus bekerja dengan bakat baru sehingga dia bisa memberikan musik terbaik yang dia bisa.

"Meskipun kami memiliki perbedaan usia yang cukup jauh, kami tetap dapat bekerja dengan harmonis dan menciptakan sinergi yang hebat. Saya percaya penyanyi seperti saya harus berhati-hati dengan gaya lama dan tidak berpuas diri, dan salah satu caranya adalah bermitra dengan musisi muda, yang dapat berbagi energi dan semangat mereka dengan saya," ujar PSY.

Untuk album barunya kali ini, PSY juga bekerja sama dengan Hwasa MAMAMOO, Suzy, Jessi, Crush, dan juga Suga BTS. Cara PSY bekerja memang patut dipuji. Dia tidak membiarkan usia menjadi pembatas baginya dalam berkarya.

Rasanya sangat jarang sekali ada musisi K-pop yang memiliki etos kerja seperti PSY. Biasanya musis K-pop akan berhenti merilis musik baru setelah 7-10 tahun debut, tapi PSY tetap konsisten berkarya dari tahun 2001 hingga sekarang. Bagaimana menurutmu?


Disadur dari Yoursay.id dan Suara.com 

PSY Kpop Suga BTS Hwasa HyunA Son Naeun Collab


Loading...