3 Kampung Diterjang Longsor, 23 Rumah Rusak di Bandung Barat dan 10 Rumah Terancam

3 Kampung Diterjang Longsor, 23 Rumah Rusak di Bandung Barat dan 10 Rumah Terancam
Dokumen BPBD KBB - Longsor yang menerjang Desa Gununghalu, Kecamatan Gununghalu, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Rabu (20/4/2022)
Editor: Epenz Teras KBB —Kamis, 21 April 2022 15:08 WIB

Terasjabar.id - Bencana longsor menerjang wilayah Desa Gununghalu, Kecamatan Gununghalu, Kabupaten Bandung Barat (KBB) hingga mengakibatkan puluhan rumah rusak di tiga kampung.

Longsor yang terjadi pada Rabu (20/4/2022) dipicu hujan deras berintensitas tinggi itu menerjan Kampung Tonjong RW 09, Kampung Cipaku RW 11, dan Kampung Tangsijaya RW 20. 

Kasi Tantrib Kecamatan Gununghalu, Adang, mengatakan bencana longsor ini mengakibatkan sedikitnya 23 rumah rusak parah dan 10 rumah terancam longsor susulan. 

"Titik longsor ada di tiga lokasi, akibatnya sebanyak 43 KK atau sekitar 80 jiwa mengungsi ke tempat aman. Penghuni rumah kita ungsikan sementara ke rumah saudara dan tetangga," ujarnya saat dihubungi, Kamis (21/4/2022).

Adang mengatakan, bencana longsor tersebut terjadi karena hujan deras dengan intensitas tinggi dan waktu yang cukup lama yakni mencapai 4-5 jam.

"Kejadiannya kemarin sore pukul 15.30 akibat hujan deras. Meski beberapa rumah terdampak. Alhamdulillah tidak ada korban jiwa, penghuni semua selamat," kata Adang.

Hujan deras tersebut, kata Adang, tak hanya memicu bencana longsor, tetapi menimbulkan banjir bandang di Kampung Tangsijaya hingga menyebabkan sebanyak 5 hektare sawah yang baru beberapa pekan ditanam hancur. 

"Betul terjadi juga banjir di Tangsijaya. Hasil pendataan 5 hektare sawah rusak," ucapnya.

Kepala Desa Gununghalu Isep Heriatna, mengatakan longsor di wilayah tersebut memang menyebabkan sejumlah infrastruktur umum, mulai dari jalan desa, drainase, hingga tembok penahan tanah (TPT) rusak.

"Ada satu TPT baru dibuat rusak. Tingginya sekitar 25 meter lokasinya di Kampung Tonjong," kata Isep.

Setelah kejadian ini, kata dia, aparat desa bersama warga erus melakukan evaluasi material longsor, meminta penghuni rumah yang terancam segera mengamankan diri, dan menggencarkan ronda malam.



Artikel ini telah tayang di TribunJabar.id dengan judul Tiga Kampung Diterjang Longsor, 23 Rumah Rusak di Bandung Barat dan 10 Rumah Terancam, https://jabar.tribunnews.com/2022/04/21/tiga-kampung-diterjang-longsor-23-rumah-rusak-di-bandung-barat-dan-10-rumah-terancam.
Penulis: Hilman Kamaludin | Editor: Tarsisius Sutomonaio

Longsor KBB Rumah Rusak Hujan Deras


Loading...