Dr. Dian : Sistem Pengolahan Masjid Berdampak Pada Pelayanan Jamaah

Dr. Dian : Sistem Pengolahan Masjid Berdampak Pada Pelayanan Jamaah
Editor: Epenz Teras Kuningan —Senin, 18 April 2022 10:41 WIB

Kuningan, Terasjabar.id - Sistem pengelolaan masjid yang baik akan berdampak pada peningkatan pelayanan masjid terhadap jamaahnya, yang gilirannya masyarakat yang ada di sekitar masjid akan tumbuh rasa memiliki dan tanggungjawab terhadap masjid dan memakmurkannya.

Hal tersebut disampaikan Sekda Kuningan Dr. Dian Rachmat Yanuar, M.Si pada acara pelatihan pengelolaan manajemen masjid, bertempat di Desa Balong, Minggu (17/4/2022) yang diselenggarakan oleh Bagian Kesra Setda Kabupaten Kuningan.

Gambar

Sekda Dian menerangkan, manajemen pengelolaan masjid merupakan suatu usaha optimalisasi peran dan fungsi masjid agar kehadirannya dapat dirasakan manfaatnya bagi jamaah pada khususnya dan masyarakat sekitar pada umumnya. Upaya ini tentu saja harus dilakukan secara kontinyu dengan mempertimbangkan aspek etika dan nilai-nilai syariah yang bersifat ritual.

“Manajemen pengelolaan masjid yang baik adalah berbasis jemaah, karena akan berdampak pada peningkatan pelayanan masjid terhadap jamaahnya akan tertarik untuk berpartisipasi bersama-sama mengelola dalam memakmurkan masjid,” ungkapnya.

Dia menyebutkan fungsi masjid diantaranya sebagai pusat ibadah mahdhah. Ibadah yang langsung kepada Allah SWT, seperti salat, mengaji, tahlil, dan tadarus. Dan pusat ibadah sosial, masjid dapat difungsikan untuk mengelola zakat, wakaf, membangun ukhuwah Islamiyah, melaksanakan kurban, dan membantu peningkatan ekonomi umat.

Gambar

Selanjutnya masjid juga sebagai pusat pengembangan masyarakat, melalui berbagai sarana dan prasarana yang dimiliki masjid, seperti khutbah, pengajian, kursus keterampilan yang dibutuhkan anggota jamaah, dan menyelenggarakan pendidikan formal sesuai kebutuhan masyarakat.

Dan sebagai Pusat Pembinaan Persatuan umat dengan membangun masyarakat untuk tahu dan melaksanakan kewajiban sebagaimana mestinya, masyarakat yang bersedia mengorbankan tenaga dan pikiran untuk persatuan umat dan membangun kehidupan yang diridhai Allah swt.

Untuk langkah-langkah awal yang harus dilakukan dalam melaksanakan manajemen masjid, Sekda Dian menjelaskan, yaitu menentukan Wilayah Dakwah Masjid dengan melakukan Pendataan Jamaah Masjid, Merencanakan kegiatan yang sederhana dulu, bertahap, setelah berhasil baru rencanakan kegiatan lainnya yang lebih besar.

Dan Mensosialisasikan kegiatan masjid agar jamaah ikut berpartisipasi memakmurkan masjid dan membuat Laporan kegiatan masjid sebagai bentuk amanah dari masyarakat. Imbuhnya.


(H. Aboy)

Sekda Kuningan Dr. Dian Pengolahan MAsjid Pelayanan Jamaah


Loading...