Ridho : Tingkatkan Partisipasi Umat Dalam Pembangunan Bangsa dan Negara

Ridho : Tingkatkan Partisipasi Umat Dalam Pembangunan Bangsa dan Negara
Editor: Epenz Teras Kuningan —Jumat, 1 April 2022 10:18 WIB

Kuningan, Terasjabar.id - Sebagai wadah perhimpunan alumni haji yang memilki prinsip-prinsip keorganisasian dengan menjunjung tinggi nilai-nilai islam dan nilai luhur budaya bangsa, Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kabupaten Kuningan untuk meningkatkan partisipasi umat dalam pembangunan bangsa dan negara.

Harapan itu disampaikan Wabup Kuningan HM Ridho Suganda saat Tasyakuran Hari Lahir (Harlah) IPHI ke-32 Tahun 2022 Kuningan sekaligus peringatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW, di Gedung IPHI Jl Pemuda Lapang Randu,Minggu (27/3/2022).

“IPHI merupakan wadah perhimpunan para alumni haji yang bersifat permanen dan terorganisir dengan visi-misi dan program yang jelas. Untuk itu di momen Harlah ini saya mengajak, IPHI Kabupaten Kuningan dapat meningkatkan partisipasi umat dalam pembangunan bangsa dan negara yang diridhoi Allah SWT,” ujar Wabup.

Sebagai organisasi yang strategis lanjut Ridho, keberadaan IPHI bertujuan untuk membantu umat yang ingin melaksanakan ibadah Haji, sekaligus tampil untuk membantu memberikan bimbingan kepada para calon jamaah haji.

Gambar

“IPHI itu organisasi yang sangat strategis, pertama keanggotaan IPHI itu kokoh baik dari pusat maupun pengurus daerah. Kedua, anggota IPHI itu memiliki loyalitas yang sangat tinggi. Terlebih IPHI itu organisasi bersifat bottom-up artinya memiliki sifat mengakar sampai pengurus paling bawah,” jelasnya.

Ridho berharap, Keberadaan IPHI Kabupaten Kuningan dapat memperkokoh Ukhuwah Islamiyah dalam mewujudkan haji mabrur sepanjang hayat, selaras dengan tema Tasyakuran Harlah IPHI ke-32.

"Ikon persaudaraan haji adalah Haji Sepanjang Hayat yang bermakna nafas, perbuatan, dan sikap para haji dalam keseharian hidupnya mesti mencerminkan nilai-nilai haji yang selama ini telah dilaksanakan. Para haji bukan hanya menjadi shaleh secara individual, tapi sekaligus juga diharapkan shaleh secara sosial," pungkasnya.

Sementara itu, Wabup Ridho didampingi Ketua IPHI Kab. Kuningan Drs. H. Hamzah Rukmana, dan Pimpinan BAZNAS Kab.Kuningan H. Yusron Kholid, S.Ag., secara simbolis menyerahkan santunan kepada anak yatim dan dhuafa, disaksikan Ketua MUI, Perwakilan Kemenag, Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP)Kuningan, serta undangan lainnya. ( H Aboy)

IPHI Kabupaten Kuningan Islam Wabup Kuningan DWP Kuningan


Loading...