Presiden Jokowi Siap Turun dengan Motor Balapnya di Sirkuit Mandalika

Presiden Jokowi Siap Turun dengan Motor Balapnya di Sirkuit Mandalika
(Tribunnews.com : Google)
Editor: Epenz Kuliner —Jumat, 12 November 2021 09:21 WIB

Terasjabar.id -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), Jumat (12/11). Dalam kunjungannya ini, ia diagendakan untuk meninjau ruang kontrol Sirkuit Mandalika berikut menyimak penjelasan panel sirkuit di Pit Building Sirkuit Mandalika, Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika.

Dikutip dari siaran resmi Istana, Presiden juga diagendakan untuk menjajal langsung Sirkuit Mandalika dengan mengendarai motor balap pribadinya sebelum meresmikan Sirkuit Mandalika dan Jalan Bypass BIL-Mandalika.

"Besok kita akan meresmikan sirkuit Mandalika, setelah itu event yang ada di sana untuk berjalan baik super bike maupun motogp," kata Jokowi usai menghadiri HUT Nasdem, Kamis (11/11) kemarin.

Pada petang harinya Presiden akan mengikuti Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Asia-Pacific Economic Cooperation (APEC) secara virtual dari Novotel Lombok Resort and Villa. Jokowi akan bermalam di Lombok dan melanjutkan agenda kerja esok hari.

Turut mendampingi Presiden dalam penerbangan menuju Provinsi NTB antara lain Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi, Menteri BUMN Erick Thohir, dan Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia.

Selain itu, turut pula Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI M. Tonny Harjono, Komandan Paspampres Mayjen TNI Tri Budi Utomo, Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin, serta Staf Khusus Presiden Angkie Yudistia.

Direktur Operasi dan Inovasi Bisnis ITDC, Arie Prasetyo, menjelaskan Sirkuit Mandalika sudah siap menjadi tuan WSBK 2021. Trek di sirkuit menggunakan pattern yang menggunakan kearifan lokal dan race elektronik juga sudah dipasang mencakup cctv, speed camera, microphone, lampu petunjuk.

"Race control building sudah terhubung dengan instrumen yang ada, serta kesiapan marshal, medis, mitigasi bencana dan crowd control," kata Arie dalam keterangan pers yang diterima Republika, Kamis (11/11).

Arie menambahkan ITDC telah merilis tiket harian dengan harga terjangkau, sehingga masyarakat Lombok dapat ikut menyaksikan WSBK 2021. Harga tiket termasuk dengan antigen dan terhubung dengan PeduliLindungi.

"Penonton dapat naik bis/shuttle langsung menuju venue acara," ujar Arie. 

Dari aspek kesehatan, Koordinator Kesehatan Dinas Kesehatan NTB, Wahyu Amri menyampaikan kesiapan dukungan protokol Kesehatan menyambut laga balap dunia tersebut. Atlet dan kru yang tiba di Mandalika, lanjut Wahyu telah melaksanakan proses karantina yang dilakukan di Jakarta. 

"Setiap 5 hari, akan dilaksanakan tes PCR untuk atlet, kru, dan tenaga kesehatan,” ucap Wahyu.

Provinsi NTB juga sudah memasuki PPKM Level 1.Terdapat pos kesehatan di dalam dan di luar sirkuit. Penonton di setiap pintu masuk harus mengakses PeduliLindungi dan telah menerima vaksin dosis kedua.

Sedangkan Kepala Dinas Pariwisata NTB, Yusron Hadi, mengatakan pihaknya sudah membentuk tim dari berbagai bidang yang ada untuk mendukung WSBK 2021. Akomodasi (hotel dan homestay), pelaku UMKM dan pariwisata telah siap menyambut target sekitar 3 ribu wisatawan yang akan hadir.

“Kami memfasilitasi hotel dan paket perjalanan wisata untuk dipublikasikan melalui marketplace dan website, bekerja sama dengan Telkom untuk SMS Blast sehingga wisatawan dapat mendapatkan informasi berkaitan destinasi wisata dan fasilitas penginapan,” ucap Yusron.

Disadur dari Republika.co.id

Presiden Jokowi NTB Sirkuit Mandalika Peresmian


Loading...