Berikut Cara Membuat Keripik Kaca Pedas, Kerap Jadi Camilan Favorit

Berikut Cara Membuat Keripik Kaca Pedas, Kerap Jadi Camilan Favorit
Ilustrasi (Pikiran Rakyat : Google)
Editor: Epenz Kuliner —Minggu, 10 Oktober 2021 14:05 WIB

Terasjabar.id - Salah satu camilan yang tengah digandrungi banyak orang adalah keripik kaca. Jajanan dengan tekstur renyah dan bercita rasa gurih ini pun kerap membuat orang penasaran.

Seorang warganet menunjukkan proses pembuatan keripik kaca mulai dari masih berbentuk singkong hingga siap dijual. Hal tersebut dibagikan melalui akun TikTok @dorame.food.

Bagaimana cara membuat keripik kaca? Pertama, singkong dikupas dan dicuci hingga bersih. Setelah selesai dikupas, singkong itu kemudian dihaluskan menggunakan mesin khusus.

Sebuah cetakan yang telah dilapisi plastik pun disiapkan. Adonan singkong yang telah halus kemudian diratakan pada cetakan tersebut.

Untuk membuat tekstur yang renyah, adonan yang tercetak harus tipis. Singkong halus yang sudah tercetak di plastik itu lantas dijemur hingga kering.

Cara membuat keripik kaca (TikTok @dorame.food)
Cara membuat keripik kaca (TikTok @dorame.food)

Agar semakin renyah, keripik itu kemudian dipanggang pada suhu tertentu. Proses pemanasan dengan oven inilah yang membuat keripik kaca bisa langsung disantap.

Namun agar rasa lebih nikmat, keripik kaca itu dimasukkan ke dalam mesin pengaduk untuk diberi bumbu. Penjual menambahkan bubuk pedas dan cabai kering pada proses ini.

Setelah bumbu merata ke seluruh permukaan, maka keripik kaca siap dikemas. Keripik kaca yang telah dikemas ini selanjutnya dipasarkan ke masyarakat luas baik secara langsung maupun daring.

"Baru tahu kalau ternyata keripik kaca bahan bakunya dari singkong," komentar seorang warganet.

Warganet lain ikut berkomentar. "Oh jadi gini cara bikin keripik kaca. Oke, akhirnya bisa tidur nyenyak," ujar warganet ini.

"Habis lihat ini penasaran pengen bikin keripik kaca sendiri, tapi kayaknya mager jadi beli aja," tulis warganet lainnya di kolom komentar.

Sementara itu, hingga Minggu (10/10/2021), video ini sudah ditonton sebanyak lebih dari 1 juta kali di TikTok.

Untuk menonton video selengkapnya, klik di sini!

Disadur dari Suara.com 

Camilan Keripik Kaca Resep Cara Membuat


Loading...