Siap-siap! Kuota Internet Gratis Kemendikbud Besok Cair

Siap-siap! Kuota Internet Gratis Kemendikbud Besok Cair
Siap-siap! Kuota Internet Gratis Kemendikbud Besok Cair (Foto: Rifkianto Nugroho/detikcom)
Editor: Admin Pendidikan —Jumat, 10 September 2021 11:37 WIB

Terasjabar.id -

Bantuan paket kuota data internet gratis Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) jadi yang paling ditunggu. Besok cair nih!

Program bantuan ini adalah untuk mendukung program Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) saat pandemi COVID-19. Menurut Kementerian Keuangan, mereka menyiapkan anggaran Rp 5,54 triliun dengan target penerima 38,1 juta pelajar dan tenaga pendidik.

Mendikbudristek Nadiem Makarim sebelumnya, mengatakan bantuan kuota Kemendikbudristek ini akan disalurkan pertengahan bulan September sampai November 2021.

"Kami akan menyalurkan bantuan subsidi kuota data internet ini pada 11-15 September, 11-15 Oktober, dan 11-15 November 2021. Kuota data ini berlaku 30 hari sejak diterima," kata Nadiem.

Ingat-ingat ya, Sabtu (11/9) besok adalah penyaluran pertama untuk kuota internet gratis Kemendikbud. Ini dia besaran dan aturan penerimaannya, seperti dilansir dari laman Kemendikbud Ristek, Jumat (10/9/2021

Peserta Didik jenjang PAUD sebesar 7 GB/bulanBesaran Bantuan Kuota Data Internet Kemendikbud 2021:

  • Peserta Didik Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah sebesar 10 GB/bulan
  • Pendidik Jenjang PAUD dan Pendidik Dasar dan Menengah sebesar 12 GB/bulan
  • Dosen dan Mahasiswa sebesar 15 GB/bulan

Syarat Penerimaan Bantuan Kuota Data Internet Kemendikbud 2021:

  • Terdaftar pada aplikasi Dapodik, untuk pelajar dan guru pendidikan dasar dan menengah.
  • Terdaftar pada aplikasi PDDikti, untuk mahasiswa dan dosen
  • Memiliki nomor HP yang aktif
  • Jika penggunaannya nol bytes atau di bawah 1 GB, maka bantuan akan dihentikan pada bulan ketiga dari masa program (November 2021)

Bantuan kuota internet gratis Kemendikbud ini akan disalurkan langsung kepada nomor telepon pelajar dan pengajar yang sudah terdaftar di sistem data pokok pendidikan (Dapodik) dan PDDikti.

Kuota ini bisa dipakai untuk mengaskses semua situs dan aplikasi, kecuali yang diblokir olek Kominfo terkait program kuota internet gratis Kemendikbud. Medsos yang diblokir antara lain Facebook, Instagram, Pinterest, Snackvideo, Snapchat.

Kemudian sejumlah game yang diblokir antara lain Garena Free Fire, Garena AOV, FIFA Mobile Football, Clash of Clans, Mobile Legends, PUBG, Roblox. Kuota ini juga tidak bisa untuk mengakses aplikasi video seperti TikTok, Viu dan Netflix.(sumber:inet.detik.com)

Kuota Gratis Internet Lokal Percairan Kuota Gratis


Loading...