ISYEF Farm Beri Manfaat Rp 150 Juta ke Peternak dan Masyarakat Desa Petir Gunung Kidul

ISYEF Farm Beri Manfaat Rp 150 Juta ke Peternak dan Masyarakat Desa Petir Gunung Kidul
ist
Editor: Admin Teras Bisnis —Rabu, 4 Agustus 2021 14:50 WIB

TERASJABAR.ID - Indonesia Islamic Youth Economic Forum (ISYEF) menjalin kolaborasi dengan para pengurus Masjid Al-Mujahidin di Desa Petir, Gunung Kidul, Yogyakarta, melahirkan ISYEF Farm.

Ketua Umum ISYEF Atras Mafazi menjelaskan menjelaskan ISYEF Farm merupakan hasil kerja sama ISYEF bersama peternak, dan pengurus masjid. Idul Adha 1442 yang terlaksana beberapa waktu lalu adalah gong dari ISYEF Farm.

Para pengurus ISYEF yang membantu pemasaran hewan ternak di Jakarta, berhasil memberikan angin segar bagi para peternak Desa Petir.

LIHAT JUGA:






View this post on Instagram

A post shared by Teras Jabar (@terasjabar.id)


"Dari hasil penjualan hewan untuk kurban, para peternak dan masyarakat sekitar Desa Petir Kabupaten Gunungkidul mendapatkan manfaat hingga Rp 150 juta," ujar Atras dalam keterangannya, Rabu (4/8/2021).

Selain itu, lanjut Atras, ISYEF Farm dapat memberikan manfaat untuk pelayanan masjid dan pemugaran lingkungan sekitar. ISYEF Farm baru berjalan selama satu tahun.

“Tidak hanya laba bagi para peternak, kegiatan ini memiliki dampak sosial, yakni pengurus masjid yang secara mandiri mampu mendapat biaya yang tidak sedikit untuk membangun dan memakmurkan masjid," tuturnya.

Pengurus masjid Al-Mujahidin sekaligus peternak, Warto yang Ikut dalam Program ISYEF Farm, mengaku mendapat hal positif.

Menurut Warto, 15 orang peternak sukses menjalankan perawatan 50 ekor hewan, dan memiliki pendapatan yang cukup.

TONTON JUGA:

"Seperti bapak Sumiran yang memperoleh pendapatan sebesar Rp 21 juta dan bapak Sairun sebesar Rp 18 juta," ujar Warto.

Tokoh masyarakat desa petir Gunung Kidul, Sumadi mengungkapkan, ISYEF Farm telah memberi kejutan dari sisi ekonomi untuk warga kami.

"Dua dusun yang sebelumnya tidak tersentuh, kini dapat merasakannya nikmatnya daging kurban," ucapnya.

Selain pemberdayaan lewat ISYEF Farm, pada momen Idul Adha lalu, ISYEF juga membagikan 4.000 paket daging kurban untuk masyarakat Indonesia di empat provinsi yakni Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat dan DI Yogyakarta khususnya di Kabupaten Gunungkidul.

BACA JUGA:Seorang Perawat Pasien Covid-19 di RSUD Kotabaru Tewas Ditikam

Melihat manfaat nyata yang dari program ISYEF Farm, Koordinator ISYEF Farm, Riski Saputro mengajak lebih banyak partisipasi masyarakat, khususnya pemuda, untuk ikut serta maupun memikirkan inovasi untuk membangkitkan ekonomi masyarakat yang menjadikan masjid sebagai sentra kegiatan ekonomi.

“Pemuda punya lebih banyak tenaga dan daya dobrak. Kami yakin, jika makin banyak pemuda terlibat, efek dari kegiatan berbasis masjid akan semakin besar,” ungkapnya.

(SUMBER TRIBUNNEWS.COM)

Desa Petir ISYEF Gunung Kidul


Loading...