1.200 Siswa SD-SMP di Cimahi Jalani Vaksinasi COVID-19

1.200 Siswa SD-SMP di Cimahi Jalani Vaksinasi COVID-19
detik news
Editor: Admin Teras Cimahi —Sabtu, 31 Juli 2021 11:52 WIB

Terasjabar.id--Sebanyak 1.200 siswa SD dan SMP di Kota Cimahi mulai menjalani vaksinasi COVID-19. Penyuntikan dosis pertama vaksin tersebut berlangsung di SMP Negeri 1 Kota Cimahi, Sabtu (31/7/2021).

Antusiasme anak sekolah untuk menjalani vaksinasi COVID-19 amat tinggi. Mereka antre sejak pagi untuk mendapatkan giliran divaksinasi. Ada yang datang didampingi orang tuanya, namun banyak juga yang datang seorang diri.

Plt Wali Kota Cimahi Ngatiyana meninjau langsung pelaksanaan vaksinasi tersebut, sekaligus mengantarkan anaknya yang berusia 13 tahun untuk turut divaksinasi di lokasi tersebut. "Hari ini mulai berjalan vaksinasi untuk anak usia 12-17 tahun di Kota Cimahi. Hari ini targetnya 1.200 anak divaksinasi, termasuk salah satunya anak saya yang berusia 13 tahun baru divaksinasi barusan," ucap Ngatiyana kepada detikcom.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cimahi total ada sebanyak 57.514 anak sekolah usia 12-17 tahun yang menjadi sasaran vaksinasi. Ngatiyana menyebut dalam sehari ditargetkan 1.000 sampai 1.200 anak bakal divaksinasi dosis pertama.

"Targetnya setiap hari itu sampai 1.200 anak yang divaksinasi, tapi kita akan lihat juga stok vaksinnya. Kalau ada langsung dilaksanakan lagi," ujar Ngatiyana.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Cimahi Pratiwi mengatakan ketersediaan stok vaksin saat ini terbatas hanya untuk beberapa hari lagi.

"Untuk vaksin dosis 1 itu akan menunggu dropping lagi dari provinsi, minggu depan. Kalau stok yang sekarang ada sisa 2.000 dosis untuk dosis dua," kata Pratiwi.

Sementara untuk vaksinasi anak, pelaksanaannya tidak akan digelar setiap hari. Alasannya karena harus menyesuaikan dengan kesiapan sekolah dan ketersediaan dosis vaksin.

"Untuk yang anak enggak digelar setiap hari, karena harus ada penjadwalan dengan sekolah. Lalu stok vaksinnya juga harus dipastikan ada atau nggak. Kita juga ada stok AstraZeneca tapi diperuntukkan untuk sentra vaksin BPBD Jabar di Cimahi Technopark," ucap Pratiwi.

Siswa SD-SMP di Cimahi Jalani VaksinasiS
iswa SD di Cimahi antre untuk vaksinasi COVID-19. (Foto: Whisnu Pradana)

M Rifki (13), salah seorang siswa SMP kelas VII yang mengikuti vaksinasi, sengaja didaftarkan oleh orang tuanya untuk mengikuti vaksinasi tersebut. "Alhamdulillah lancar vaksinasinya, enggak sakit. Tapi saya ikut karena disuruh orangtua biar aman, karena di keluarga sudah semua divaksinasi," ujar Rifki.

Ia berharap dengan vaksinasi pada siswa SD dan SMP bisa mempercepat pelaksanaan sekolah tatap muka. "Inginnya bisa segera tatap muka, soalnya sudah bosan sekolah di rumah. Saya baru masuk SMP, masa enggak ngerasain belajar di kelas dan enggak kenal dengan teman lainnya," tutur Rifki.

(detik.com)

vaksinasi vaksinasi anak vaksinasi anak 12-17 tahun vaksin covid-19 cimahi birojabar


Loading...