Menteri Teten Ajak Milenial Berwirausaha Bantu Buka Lapangan Kerja

Menteri Teten Ajak Milenial Berwirausaha Bantu Buka Lapangan Kerja
ist
Editor: Admin Teras Bisnis —Kamis, 29 Juli 2021 10:17 WIB

TERASJABAR.ID - Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengajak kalangan milenial menjadi wirausaha untuk bersama-sama bangkit dari pandemi Covid-19.

Menurutnya, rasio kewirausahaan Indonesia masih rendah di 3,47 persen atau masih di bawah negara-negara ASEAN seperti Thailand (4,26 persen), Malaysia (4,74 persen), dan Singapura (8,76 persen).

LIHAT JUGA:






View this post on Instagram

A post shared by Teras Jabar (@terasjabar.id)


"Kebutuhan lapangan kerja baru bagi masyarakat dan perbaikan kesejahteraan tetap krusial, di sinilah peran wirausaha dibutuhkan," tegas MenkopUKM Teten Masduki secara daring, di Jakarta, Kamis (29/7/2021).

Saat ini UMKM mendominasi terhadap postur pelaku usaha dengan menyumbang penyerapan tenaga kerja hingga 97 persen dan kontribusi terhadap PDB sebesar 61 persen.

Teten menegaskan, dalam RPJMN 2020-2024 target indikator rasio kewirausahaan nasional sebesar 3,9 persen pada 2024 dan pertumbuhan wirausaha sebesar 4 persen pada 2024.

TONTON JUGA:

"Saat ini, Rancangan Perpres Pengembangan Kewirausahaan Nasional (PKN) telah memasuki tahapan final, yaitu proses pengundangan. Rancangan PerPres PKN ini diharapkan mendorong akselerasi penciptaan wirausaha baru di Indonesia," kata Teten.

Ia menjelaskan, berwirausaha dapat menjadi pilihan strategis bagi para kaum milenial.

Selain tekad kemandirian yang tinggi, milenial juga sangat dinamis.

BACA JUGA:Setelah Kehamilannya, Warung Kopi Milik Perempuan yang Dianiaya Oknum Satpol PP Juga Dipersoalkan

Menurutnya, laporan BPS menunjukkan populasi Indonesia terbesar adalah anak muda, masing-masing gen milenial dan gen z karakternya berbeda.

"Proyeksi di 2024, total Gen Milenial, Gen Z, dan Post Gen Z sebanyak 65 persen atau 174,79 juta orang. Jumlah tersebut dapat menjadi sasaran pembangunan kewirausahaan," ujarnya.

Dia menambahkan bahwa pemuda Indonesia memiliki hasrat besar menjadi pengusaha/wirausaha.

Bahkan berdasarkan Startup Ranking 2020, Indonesia menjadi salah satu negara dengan jumlah startup terbanyak (2.195 startup).

”Untuk mencapai target rasio kewirausahaan dibutuhkan dukungan seluruh stakeholder bersinergi, berkolaborasi, dan berbagi peran,” tuntas Teten.

(TRIBUNNEWS.COM)

Wirausaha Milenial Teten Masduki


Loading...