Viral, Warga Kulon Progo Pasang Spanduk Rela Jual Ginjal karena Terdampak Covid-19

Viral, Warga Kulon Progo Pasang Spanduk Rela Jual Ginjal karena Terdampak Covid-19
Gelora.co
Editor: Malda Teras Viral —Selasa, 27 Juli 2021 11:44 WIB
Terasjabar.id - Situasi Covid-19 memberi dampak berat kepada masyarakat kecil. Bahkan terdapat seorang warga DI Yogyakarta bernama Yitno yang rela menjual ginjal dan darahnya untuk memenuhi kebutuhan ekonomi.

Pernyataan itu sempat viral di media sosial Twitter. Bermula dari akun @panjipnjk, yang membagikan dua foto di mana salah satunya terdapat spanduk bertulisan "Siap Donorkan Darah dan Ginjal bagi yang Membutuhkan. Hub: Pak Yitno, telpon/sms 087728981077."

Dalam narasinya, akun tersebut juga menyertakan cuitan bahwa lokasi spanduk tersebut terletak di simpang empat XT Square, Kota Jogja.

"Perempatan XT Square. Masih ada yang bilang kondisi terkendali?" tulisnya dikutip, Selasa (27/7/2021).

Baca Juga: Separuh Jumlah Total, Kematian Pasien Covid-19 di Kulon Progo Tembus 125 Kasus Juli Ini

SuaraJogja.id sudah menghubungi nomor yang tertera, tetapi belum ada jawaban.

Kendati demikian, pengguna akun @val_harwanto, yang sudah berkomunikasi dengan Yitno, menjelaskan bahwa orang tersebut merupakan warga Sentolo, Kulon Progo.

Disebutkan bahwa Yitno bekerja sebagai ojek konvensional di wilayahnya. Dirinya ingin mendaftar sebagai driver ojek online namun hal itu dia urungkan karena tak memiliki gawai.



Tangkapan layar cuitan soal seorang warga Jogja yang rela mendonorkan ginjal karena terlilit utang di tengah situasi Covid-19 - (Twitter/@panjipnjk)

Terlebih lagi Yitno mengaku tak memiliki tunggakan kredit motor dan menunggak hampir tiga bulan, sehingga Yitno rela menjual ginjalnya untuk bisa melunasi dan memenuhi kebutuhan hidup.

Akun @val_harwanto juga mengaku telah memberikan bantuan melalui rekening yang diberikan Yitno.

Dengan viral-nya postingan tersebut, tak sedikit netizen menanggapi mulai dari ikut bersimpati dan juga ada yang menyebut jika Yitno mantan residivis.

Kendati begitu, Yitno, yang santer dikabarkan sebagai residivis, tetap mendapat bantuan. Salah satunya Kapolres Kulon Prog, AKBP Tartono. Hal itu juga dijelaskan oleh akun @infopolisijogja.

"Terlepas riwayat beliau seperti apa dulunya, tapi Kapolres Kulon Progo melihat dari sisi kemanusiaan. Yang bersangkutan viral di medsos karena mau jual ginjal. Kapolres dan staf mengecek langsung rumahnya sekaligus memberikan bantuan. Berbuat baik itu boleh kepada siapa pun," tulis akun tersebut.(suara/Gelora.co)

Virus Corona Viral yogyakarta Ekonomi Jual Ginjal


Loading...