Satpol PP Jabar dan Kota Bandung Langsung Proses Pelanggar PPKM Darurat, Denda Hampir Rp 100 Juta

Satpol PP Jabar dan Kota Bandung Langsung Proses Pelanggar PPKM Darurat, Denda Hampir Rp 100 Juta
Istimewa ILUSTRASI - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Jawa Barat dibantu Satpol PP Kota Bandung menggelar sidang tindak pidana ringan (tipiring) on the street di Alun-alun Ujungberung Kota Bandu
Editor: Indra Teras Bandung —Senin, 12 Juli 2021 11:50 WIB

TERASJABAR.ID-Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Jawa Barat dibantu Satpol PP Kota Bandung menggelar sidang tindak pidana ringan (tipiring) on the street di Alun-alun Ujungberung Kota Bandung, Senin (12/7/2021).

Bukan cuma itu, pelanggar akan di-swab antigen.

LIHAT JUGA:






View this post on Instagram

A post shared by Teras Jabar (@terasjabar.id)


Kasatpol PP Jabar, Ade Afriandi mengungkapkan para petugas menindak para pelanggar pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat maupun protokol kesehatan mulai perorangan sampai pelaku usaha.

Tipiring on the street yang dilakukan Jabar dan Kota Bandung diawali di daerah Bandung Wetan (Masjid Istiqomah), Bandung Kidul, Metro Indah Mal, dan kini di Ujungberung.

"Kami tindak pelanggar yang kedapatan melanggar PPKM darurat dengan melakukan sidang di tempat dengan hakimnya secara virtual. Mayoritas pelanggar masih tak gunakan masker secara baik dan benar atau membawa masker tapi tak digunakan," ujar Ade Afriandi di Alun-alun Ujungberung.

Pelanggar pelaku usaha, katanya, mayoritas tak menyediakan tempat cuci tangan atau hand sanitizer, serta beroperasi melebihi jam operasional.

Pada PPKM darurat yang berlaku pada 3 Juli sampai 20 Juli 2021, Ade menyebut kebijakan yustisi telah dilakukan sekitar 70 persen kabupaten/kota di Jabar.

Sedangkan 30 persennya masih melaksanakan nonyustisi.

TONTON JUGA:

"Kendala dari tipiring on the street itu ialah koneksi internet, dan pegawai-pegawai pengadilan banyak yang terpapar. Pelanggaran juga mayoritas dilakukan perorangan dari berbagai profesi," ujarnya.

Dalam penindakan yang dilakukan satpol, Ade menyebutkan bahwa pemberian sanksi didominasi oleh sanksi administrasi sebesar 80 persen dan 20 persen pidana ringan.

Selama PPKM darurat, kata Ade, total denda sudah terkumpul kurang dari Rp 100 juta.

BACA JUGA:Ini Jawaban Amel Gadis Mirip Nike Ardilla Saat Ditanya Apakah Siap Hadapi Gosip & Komentar Negatif

"Hari kemarin ada 7.300 pelanggaran, dengan enam ribuan dilakukan perorangan dan seribu lebih oleh pelaku usaha," katanya. (*)

(SUMBER TRIBUNJABAR.ID)

Satpol PP Pelanggar PPKM Kota Bandung


Loading...