Jenderal Andika Perkasa Calon Kuat Panglima TNI Gantikan Marsekal Hadi Tjahjanto tapi Terkendala Ini

Jenderal Andika Perkasa Calon Kuat Panglima TNI Gantikan Marsekal Hadi Tjahjanto tapi Terkendala Ini
Kepala Staf TNI AD Jenderal Andika Perkasa di Mabes TNI AD, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Senin (6/5/2019).
Editor: Admin Hot News —Kamis, 8 Juli 2021 14:47 WIB

TERASJABAR.ID-Analis Utama Politik Keamanan Laboratorium Indonesia 2045 (Lab 45) Andi Widjajanto mengatakan berdasarkan kajian yang dibuat timnya, calon Panglima TNI dari matra darat berpeluang menjabat sebagai Panglima TNI menggantikan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto yang akan segera memasuki usia pensiun tahun ini.

Berdasarkan pendekatan stabilitas politik terutama jika dikaitkan dengan tahun politik 2024, kata dia, calon Panglima TNI dari matra darat dinilai lebih berpeluang karena sejumlah hal.

LIHAT JUGA:





View this post on Instagram

A post shared by Teras Jabar (@terasjabar.id)


Pertama, kata dia, karena matra darat yang memang di masa orde baru dikembangkan sedemikian rupa, menjadi jejaring teritorial yang punya doktrin sosial politik, doktrin kekaryaan, dan lain sebagainya.

Namun demikian, kata Andi, jika Kepala Staf Angkatan Darat atau KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa terkendala masa pensiun.

Hal tersebut disampaikan Andi dalam Diskusi Publik bertajuk "Menakar Kandidat Panglima TNI: Peluang, Hambatan, dan Tantangan Militer Indonesia" yang disiarkan di kanal Youtube Historia HMI pada Rabu (7/7/2021).

TONTO  JUGA:

"Kalau stabilitas spolitik, kendalanya kalau kita memilih Pak Andika sebagai Panglima TNI hari ini, dia akan pensiun di November 2022, jadi tahun politik di 2024-nya tidak bisa dikawal oleh Pak Andika," kata Andi.

Kalau itu terjadi, kata Andi, maka Andika hanya bisa jadi Panglima TNI sampai November 2022.

BACA JUGA:Begini Tanggapan Legenda Persib Bandung Ini tentang Liga 1 2021 yang Kembali Diundur Hingga Agustus

Kemudian, kata dia, jika memakai pendekatan stabilitas politik maka Presiden Jokowi dari Desember 2022 ke 2024 harus memilih Panglima TNI dari Angkatan Darat lagi. 

"Jadi nanti kemudian Panglima TNI-nya Angkatan Udara, Angkatan Darat, Angkatan Darat. Kembali Angkatan Lautnya tidak mendapat kesempatan untuk menjabat sebagai Panglima TNI," kata Andi.

(SUMBER TRIBUNJABAR.ID)

Panglima TNI KSAD Andika Perakasa Hadi Tjahjanto


Loading...