Semifinal Copa America 2021, Tekuk Kolombia Lewat Adu Penalti, Argentina Susul Brasil ke Final

Semifinal Copa America 2021, Tekuk Kolombia Lewat Adu Penalti, Argentina Susul Brasil ke Final
(Kompas Bola : Google)
Editor: Epenz Sport Style —Rabu, 7 Juli 2021 10:37 WIB

Terasjabar.id - Timnas Argentina menang 3-1 atas Kolombia lewat babak adu penalti di semifinal Copa America 2021 . Mereka terpaksa tos-tosan setelah ditahan imbang 1-1 selama waktu normal di Estadio Nacional Mane Garrincha, Brasilia, Rabu (7/7/2021) pagi WIB.

Dengan hasil ini, Argentina berhak melaju ke babak final Copa America 2021. Mereka akan menghadapi Brasil yang sebelumnya telah menaklukkan Peru dengan skor 1-0.

Menghadapi Kolombia, pertandingan baru berjalan enam menit, Argentina sudah langsung memimpin. Adalah Lautaro Martinez yang mencetak gol. Berawal dari serangan yang dibangun Lionel Messi, Martinez langsung meneruskan bola dengan tendangan kerasnya.

Meski sudah unggul, Argentina terus memberikan tekanan. Mereka terus membangun serangan, namun belum bisa memaksimalkan beberapa peluang yang didapat.

Kolombia kemudian berusaha untuk bangkit. Mereka kemudian mendapat peluang pada menit ke-28, melalui tendangan Juan Cuadrado . Sayang, tembakannya masih menghantam mistar gawang.

Pasukan asuhan Reinaldo Rueda itu terus memberikan kesulitan untuk Argentina. Yerry Mina kemudian nyaris menyamakan kedudukan pada menit ke-37. Tetapi, sekali lagi upayanya masih belum menemui sasaran.

Argentina lalu hampir menggandakan keunggulan pada menit ke-43. Berawal dari sepak pojok Messi, Nicolas Gonzalez menanduk bola. Namun, bola bisa ditepis kiper Kolombia, David Ospina . Skor bertahan hingga babak pertama usai.

Begitu paruh kedua dimulai, Ruenda langsung mengubah skuadnya. Dia memasukkan tiga pemain langsung yang berkarakteristik menyerang, demi menyamakan kedudukan.

Hal itu membuat Kolombia dapat memberikan ancaman ke lini pertahanan Argentina. Namun, mereka belum bisa menyelesaikan peluang yang didapat dengan sempurna.

Akhirnya Kolombia sukses menyamakan kedudukan pada menit ke-61. Luis Diaz yang terus dibayangi bek lawan, terus berlari dan melepas tembakan dari sudut sulit. Namun, hal itu tak menghentikannya mencetak gol.

Kejadian itu membuat Argentina berusaha untuk kembali menyerang. Mereka hampir kembali memimpin pada menit ke-72. Namun, tembakan Lautaro Martinez bisa ditepis Ospina. Angel di Maria sempat menendang bola muntah, namun malah melambung.

Skuad Argentina lalu kembali memberikan tekanan. Pada menit ke-80, Messi mengancam dan melepas tendangan. Meski begitu, tembakannya menghantam tiang gawang. Skor bertahan hingga 90 menit berakhir.

Babak Adu Penalti


Juan Cuadrado menjadi penendang pertama untuk Kolombia. Dia lalu berhasil melaksanakan tugasnya. Lionel Messi yang menjadi penendang pertama Argentina juga sukses membuat gol.

Penendang kedua Kolombia, Davinson Sanchez kemudian gagal mencetak gol. Tendangannya terbaca oleh kiper Argentina, Emiliano Martinez. Namun, eksekutor kedua Argentina, Rodrigo De Paul malah gagal juga, usai tendangannya melambung.

Yerry Mina menjadi penendang ketiga Kolombia. Namun, Emiliano Martinez kembali sukses menepis bola. Sitasi pun dimanfaatkan oleh Leandro Paredes yang sukses melaksanakan tugasnya.

Meski begitu, Kolombia kembali membuat kedudukan sama kuat berkat Miguel Borja. Namun, Argentina kembali di depan, berkat eksekusi Lautaro Martinez yang berhasil menembus gawang lawan.

Emiliano Martinez kemudian juga berhasil menepis tembakan eksekutor kelima Kolombia, Edwin Cardona. Argentina pun sukses melaju ke babak final Copa America,

Susunan Pemain

ARGENTINA (4-3-3) Emiliano Martinez; Nahuel Molina (Gonzalo Montiel 46), German Pezella, Nicolas Otamendi, Nicolas Tagliafico; Rodrigo De Paul, Guido Rodriguez, Giovani Lo Celso (Leandro Paredes 56); Lionel Messi, Lautaro Martinez, Nicolas Gonzalez (Angel Di María 67).
Pelatih: Lionel Scaloni

KOLOMBIA (4-4-2):David Ospina; Daniel Munoz, Yerry Mina, Davinson Sanchez, William Tesillo (Frank Fabra 46); Luis Diaz, Gustavo Cuellar (Yimmi Chará 46), Wílmar Barrios, Rafael Borre (Edwin Cardona 46); Duvan Zapata (Miguel Borja 60), Juan Cuadrado
Pelatih: Reinaldo Rueda

Disadur dari Sindonews.com 

Timnas Argentina Copa America 2021 Kolombia


Loading...