Pria Tertua di Dunia, Apa ya Rahasianya?

Pria Tertua di Dunia, Apa ya Rahasianya?
Emilio Marquez, pria tertua di dunia (CNN)
Editor: Kian Santang Hot News —Senin, 5 Juli 2021 08:25 WIB

Terasjabar.id-Seorang mantan petani tebu di Puerto Rico mendapatkan predikat sebagai pria tertua di dunia oleh Guinness World Records. Raihan itu didapatkannya beberapa pekan menjelang ulang tahun yang ke-113.

Pria tersebut bernama Emilio Flores Marquez. Dia lahir pada tanggal yang unik, 8 Agustus 1908, di Carolina, Puerto Rico. Saat Guinness World Rercords mengumumkan rekor itu pada Rabu (30/6/2021), saat itu dia berusia 112 tahun dan 326 hari

LIHAT JUGA:







View this post on Instagram

A post shared by Teras Jabar (@terasjabar.id)


Marquez, yang merupakan anak kedua dari 11 bersaudara, biasa bekerja keras sejak kecil. Dia bertanggung jawab atas banyak pekerjaan rumah tangga dan membantu merawat adik-adiknya.

Marquez juga bertugas membantu ayahnya sebagai petani tebu, yang menjadi mata pencahariannya kemudian.

"Saya yang tertua, jadi saya melakukan segalanya," kata Marquez kepada Guinness World Records.

"Saya merawat adik-adik saya, saya melakukan segalanya," dia menegaskan.

Marquez menikah dengan Andrea Perez selama 75 tahun sampai si istri meninggal dunia pada 2010. Pasangan itu memiliki empat anak, lima cucu, dan lima cicit.

Marquez tinggal di Rio Piedras, Puerto Rico, bersama dua anaknya yang masih hidup, Tirsa dan Millito.

Marquez, sebagai pria tertua di dunia, dalam kondisi sehat. Dia juga masih bisa berjalan. hanya saja, Marquez kehilangan sebagian besar pendengarannya. Dia juga menjalani operasi untuk memasang alat pacu jantung saat berusia 101 tahun.

TONTON JUGA:

Keluarga Marquez atau yang akrab disapa Don Millo itu membeberkan kunci umur panjang orang tua mereka. Mereka menyebut bisa jadi kunci panjang umur Marquez adalah cinta dan menjalani hidup tanpa kemarahan.

"Ayah membesarkan kami dengan cinta, dia mencintai semua orang," kata keluarga Marquez.

"Dia selalu menyuruh saya dan saudara-saudara saya untuk berbuat baik, berbagi segalanya dengan orang lain," dia menambahkan.

Pria tertua yang diakui oleh Guinness World Records sebelumnya adalah Dumitru Comanescu dari Rumania. Dia meninggal pada 27 Juni 2020, kurang dari sebulan setelah menerima rekor, pada usia 111 tahun 219 hari.

BACA JUGA:Sentuh Rekor Cristiano Ronaldo, Patrik Schick Kecewa Republik Ceko Gagal ke Semifinal

Setelah kematiannya, Guinness World Records mendapatkan Marquez, yang lahir tiga bulan lebih awal dari Comanescu.

Orang tertua yang masih hidup di Bumi adalah Kane Takana yang berusia 118 tahun, yang tinggal di panti jompo di Fukuoka, Jepang.

Sementara itu, rekor manusia tertua dipegang oleh Jeanne Louise Calment, seorang wanita Prancis yang meninggal pada usia 122 tahun.


(sumber:detik.com)

kesehatan usia rekoer dunia


Loading...