Sosok Dokter Faheem Younus asal AS, Populer di Indonesia, Tak Sarankan Susu Beruang dan Ivermectin

Sosok Dokter Faheem Younus asal AS, Populer di Indonesia, Tak Sarankan Susu Beruang dan Ivermectin
Akun twitter dokter Faheem Younus
Editor: Indra Hot News —Minggu, 4 Juli 2021 13:47 WIB

TERASJABAR.ID-Lonjakan kasus Covid-19 di Indonesia sejak Lebaran 2021 atau selama Juni mengundang perhatian banyak pihak di luar negeri.

Salah satunya, Dokter Faheem Younus, dokter asal Amerika Serikat. Lewat akun Twitternya, @FaheemYounus kerap menyimak dan mengamati kasus Covid-19. Termasuk saat ini, ketika lonjakan kasus Covid-19 di Indonesia sedang tinggi.

Banyak netizen Indonesia yang membanjiri lini masa Dokter Faheem Younus saat mencuit baik itu tips panduan maupun pendapatnya soal kondisi pandemi di Indonesia. Tidak heran, meski di Amerika Serikat, dia popiler di Indonesia.

LIHAT JUGA:






View this post on Instagram

A post shared by Teras Jabar (@terasjabar.id)


Dikutip dari Kompas.com, Faheem Younus merupakan salah satu tokoh penting di dunia medis yang kerap membagikan berbagai informasi penting terkait Covid-19 melalui jejaring sosial.

Pihak tak bertanggung jawab sempat mencatut namanya terkait informasi Covid-19 yang keliru.

Dilihat dari laman LinkedIn miliknya, Faheem merupakan seorang dokter yang menjabat beberapa posisi di di University of Maryland, Upper Chesapeake Health, AS.

Beberapa jabatan tersebut mencakup Vice President, Chief Quality Officer, Chief Division of Infectious Diseases, dan Clinical Associate Professor.

Di luar sektor akademis, Faheem juga tergabung dalam Organisasi Penyakit Menular Amerika (Infectious Disase Society of America/IDSA).

Ia juga aktif menulis di sejumlah media internasional, seperti The Huffington Post, Washington Post, Christian Science Monitor, hingga Baltimore Sun

Dokter asal Maryland Amerika Serikat bernama Faheem Younus, lewat akun twitternya, @FaheemYounus memberi panduan bagi warga Indonesia yang terpapar Covid-19 saat isolasi mandiri, atau dikenal isoman.

Biasanya, dia membagikan saran dan tipsya dengan berbahasa Inggris. Namun dalam 24 jam terakhir pada Sabtu (3/7/2021), dia membagikan tipsnya lewat bahasa Indonesia.

TONTON JUGA:

Seperti misalnya saat dia membagikan tips obati Covid-19 di rumah, dikenal isolasi mandiri atau isoman.

"For My Indonoesian Friends, mengobati Covid di rumah. Gunakan tab parasetamol untuk demam. Budesonide inhaler dua kali sehari. Semprotan hidung Oxymetazolone untuk hidung tersumbat," cuit Faheem Younus di akun Twitternya yang bercentang biru.

Termasuk mengomentari soal fenomena warga Indonesia memborong susu beruang dan soal Ivermectin sebagai obat Covid-19.

"My Indonesian Friends.This milk, or vitamins or ivermectin has no role in COVID treatment. Susu ini, atau vitamin atau Ivermectin tidak memiliki peran dalam pengobatan COVID," katanya.

Dia juga menyarankan agar tidak membeli obat mahal bagi warga Indonesia untuk sembuh dari Covid-19, termasuk bagi yang isoman.

"Penting: Jangan mengejar obat mahal seperti Remdesivir, Tocilizumab atau Plasma. Mereka tidak menyelamatkan nyawa. Deksametason dan antikoagulan bekerja paling baik. JANGAN mengobati sendiri. Hanya untuk pasien rawat inap yang membutuhkan oksigen," katanya.

BACA JUGA:Lowongan Kerja Bandung Juli 2021, Beberapa Perusahaan Buka Loker Menarik, Ada yang Gajinya 5 Juta

Dia juga membagikan tips jiga ada anggota keluarga yang terkena Covid-19.

"Kamar pasien dan kamar mandi terpisah. Amati isolasi ketat. Akhiri isolasi setelah 10 hari onset gejala. Jangan ulangi tes Covid karena dapat bertahan + selama berminggu-minggu tapi pasien tidak menular lebih dari 10 hari," katanya.

Melihat twitnya berbahasa Indonesia, banyak netizen Indonesia pemilik akun twitter membalasnya. Bahkan, ada komen yang nyinyir dengan kondisi Indonesia.

"Beliau sampai ngetweet pakai bahasa Indonesia karena saking kacaunya disini," tulis pemilik akun @usaifbolt.

Twitt Faheem Younus
Twitt Faheem Younus (Capture Twitter Faheem Younus)


(SUMBER TRIBUNJABAR.ID)

Ivermectin SusuBeruang FaheemYounus


Loading...