Fakta-fakta Vaksin Pfizer yang Bakal Masuk RI Agustus 2021

Fakta-fakta Vaksin Pfizer yang Bakal Masuk RI Agustus 2021
Foto: ABC Australia
Editor: Kian Santang Hot News —Kamis, 1 Juli 2021 09:57 WIB

Terasjabar -Vaksin Corona buatan Pfizer direncanakan tiba di Indonesia pada Agustus 2021. Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengungkap hal itu saat menyambut kedatangan 14 juta dosis vaksin Sinovac di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Rabu (30/6/2021).

LIHAT JUGA:







View this post on Instagram

A post shared by Teras Jabar (@terasjabar.id)


"Mungkin di awal Agustus akan ada 85 juta vaksin Sinovac yang sudah siap bisa kita gunakan. Ini menggambarkan, teman-teman, bahwa jumlah vaksin yang masuk ke Indonesia semakin lama akan semakin banyak," terang Menkes.

"Ini ada lagi donasi vaksin gratis dari COVAX-GAVI kita juga bulan ini akan masuk dari AstraZeneca. Bulan Agustus nanti akan masuk dari Pfizer. Sehingga jumlah vaksin yang masuk di semester kedua ini akan menjadi semakin banyak," sambungnya.

TONTON JUGA:

Berapa persen efikasi vaksin Pfizer?

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) mengemukakan, vaksin Pfizer 95 persen efektif mencegah COVID-19 pada usia 16 tahun ke atas berdasarkan uji klinis.

Uji klinis lainnya mengemukakan, vaksin Pfizer efektif memicu respons imun pada usia 12-15 tahun dengan kekuatan respons imun setara pada usia 16-25 tahun.

BACA JUG:Lionel Messi Kini Bukan Pemain Barcelona Lagi

Berdasarkan riset oleh Public Health England (PHE), 2 dosis vaksin Pfizer 96 persen efektif mencegah risiko rawat inap pada pasien COVID-19 akibat varian Delta. Mengingat, varian yang sebelumnya disebut B1617.2 asal India ini disebut-sebut lebih mudah menular dan sempat dikhawatirkan memiliki kemampuan 'kabur' dari vaksin.

Vaksin Pfizer juga disebut akan digunakan pada anak-anak. Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) telah menyetujui penggunaan vaksin Corona Pfizer pada anak-anak berusia 12-15 tahun.

(sumber:detik.com)

vaksin covid indonesia


Loading...